Kumpulan Video Erupsi Merapi, Hujan Pasir Terjadi di Boyolali 

BPPTKG: Merapi masih berstatus waspada

Sleman, IDN Times- Hari ini, Selasa (3/3) Gunung Merapi, kembali mengalami erupsi. Berdasarkan data BPPTKG,  tinggi kolom erupsi mencapai kurang lebih 6.000 meter atau mencapai 6 kilometer dari puncak Merapi. Sedangkan data seismograf menunjukkan, erupsi terjadi dengan amplitudo 75 mm dengan durasi 450 detik atau selama 7,5 menit. Kali ini guguran mengarah ke Kali Gendol.

Momen erupsi Merapi yang terjadi pukul 05.22 WIB, direkam warga yang kemudian dibagikan melalui media sosial. Inilah beberapa foto dan video yang diunggah warganet di Twitter, yang akhirnya menjadi trending topik.   

 

Baca Juga: Merapi Erupsi Selama 7,5 Menit, Guguran Mengarah ke Kali Gendol 

1. Status Merapi masih waspada

Kumpulan Video Erupsi Merapi, Hujan Pasir Terjadi di Boyolali IDN Times/Larasati Rey

Hanik Humaida , Kepala BPPTKG menyatakan erupsi yang terjadi hari ini tidak mengibah status Merapi yang masih berstatus Waspada (level 2). Untuk ancaman bahaya yang perlu diwaspadai oleh masyarakat yakni luncuran awan panas dari runtuhnya kubah lava dan jatuhnya material vulkanik dari letusan eksplosif.

"Area dalam radius 3 km dari puncak Gunung Merapi agar tidak ada aktivitas manusia. Masyarakat agar mengantisipasi bahaya abu vulkanik dari kejadian awan panas maupun letusan eksplosif," jelasnya.

3. Erupsi Merapi dapat terlihat jelas dari jarak 30 kilometer

Kumpulan Video Erupsi Merapi, Hujan Pasir Terjadi di Boyolali Merapi erupsi, Selasa (3/3) IDN Times/Febriana Sinta

Tingginya kolom erupsi Merapi yang mencapai 6 kilometer, dapat dilohat warga dari jarak 30 kilometer di sebelah selatan Merapi. Salah seorang warga di daerah Demangan, Agustina mengatakan, erupsi yang terjadi hari ini dapat dilihat dengan jelas dari teras rumahnya. 

"Tadi saya mau olahraga, kok kayaknya ada asap dari Merapi. Saya foto dan ternyata lama sekali terjadinya," ujar Tina.  pusparenggo 16 tamansari cepogo. pasir lembut . 6 kilo 7 atau 6 tampir 13 

4. Warga di kaki Gunung Merapu tetap beraktivitas normal

Kepada IDN Times, Koordinator Jalin Merapi, Sukirman menyatakan warga yang berada di Deles yang hanya berjarak 3 kilometer dari puncak Merapi, tetap tenang dan beraktivitas seperti biasa.

Baca Juga: Kisah Perjuangan Warga Menolak Penambangan Galian C di Lingkar Merapi

5. Hujan pasir terjadi di Mriyan, Tamansari, Boyolali

Sukirman menyatakan daerah Boyolali di beberapa tempat terjadi hujan pasir halus dan abu. Hujan pasir terjadi di Mriyan, Tamansari, Boyolali, yang berjarak 6 kilometer dari Puncak Merapi. Sedangkan di daerah Cepogo yang berjarak 6 kilometer hingga daerah Pusporenggo, yang berada 13 kilometer dari puncak Merapi terjadi hujan abu,     

6. Suara hujan pasir yang terjadi setelah erupsi Merapi

Twitter @fatma_shafiyah, terdengar suara hujan yang terjadi sesaat setelah terjadi erupsi Merapi. 

7. Merapi dari Dusun Petung, Sidorejo, Klaten. Warga diharapkan tenang saat terjadi erupsi.

Baca Juga: Termasuk Merapi, Ini 10 Gunung Berapi Aktif Paling Berbahaya di Dunia

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya