Jalan Utama Menuju Gunungkidul Ambles, Wisatawan Turun 1.000 Orang 

Dians Pariwistaa meminta perbaikan jalan dipercepat

Gunungkidul, IDN Times - Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul mengatakan jumlah kunjungan wisatawan saat hari libur Sabtu dan Minggu turun, lantaran jalan Yogyakarta-Wonosari di Piyungan, Bantul ambles. 

1. Penurunan jumlah wisatawan hingga 1.000 orang

Jalan Utama Menuju Gunungkidul Ambles, Wisatawan Turun 1.000 Orang Rekayasa lalu-lintas di Bukit Bintang.(Dok.Polres Bantul)

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul Arif Aldian mengatakan amblesnya jalan utama menuju Gunungkidul mengakibatlan turunnya jumlah wisatawan hingga seribu orang.

"Kunjungan wisatawan saat akhir pekan lalu turun hampir 1.000 orang. Potensi kunjungan wisatawan saat ini juga lebih banyak. Kami berharap jalan tersebut dapat segera diselesaikan, sehingga tidak berpengaruh terhadap kunjungan wisatawan akhir tahun," kata Arif Aldian, Minggu (6/11/2022).

2. Dispar telah menyampaikan informasi jalan alternatif untuk wisatawan

Jalan Utama Menuju Gunungkidul Ambles, Wisatawan Turun 1.000 Orang Rekayasa lalu-lintas di Bukit Bintang (Dok.Polres Bantul)

Dispar Gunungkidul kata Arif sudah menyampaikan informasi melalui berbagai media, agar wisatawan untuk sementara waktu melalui jalan alternatif. 

"Sembari menunggu perbaikan, wisatawan yang akan berkunjung bisa menggunakan jalur alternatif yang sudah disarankan oleh pihak terkait," kata Arif Aldian dikutip Antara. 

 

Baca Juga: 5 Daya Tarik Pantai Peyuyon, Hidden Gem Eksotis di Gunungkidul

3. Ini daftar jalan alternatif

Jalan Utama Menuju Gunungkidul Ambles, Wisatawan Turun 1.000 Orang Rekayasa lalu-lintas di Bukit Bintang.(Dok.Polres Bantul)

Sementara Kasatlantas Polres Gunungkidul AKP Antonius Purwanta mengatakan pihaknya memberlakukan skenario jalur alternatif untuk memecah kemacetan arus lalu lintas yang akan ke Gunungkidul atau sebaliknya. Pengalihan kendaraan wisatawan melalui jalur bagi kendaraan dengan muatan lebih dari 30 ton melalui Jalur Sambeng-Cawas di Klaten.

Kendaraan roda dua dan empat jenis pribadi, diarahkan lewat Jalur Getas (Playen) - Dlingo dan Jalur Panggang -Siluk. Dua jalur ini akan tembus di Imogiri, Bantul.

Untuk bus pariwisata serta truk muatan di bawah 30 ton tetap diarahkan lewat Jalan Yogyakarta-Wonosari.

Baca Juga: 5 Olahan Nikmat Sego Abang Jirak, Makanan Khas Gunungkidul

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya