Comscore Tracker

5 Olahan Nikmat Sego Abang Jirak, Makanan Khas Gunungkidul

Semua olahannya bikin lapar!

Gunungkidul selain terkenal dengan pemandangan alamnya juga menyediakan wisata kuliner yang unik seperti sego abang jirak. Sego abang atau nasi merah identik dengan menu makan diet. Beras merah menurut penelitian mengandung protein yang tinggi, berbeda dengan beras putih yang banyak mengandung karbohidrat yang tinggi.

Kamu yang tidak sedang diet pun bisa mengkonsumsinya sego abang jirak. Hasilnya pun ketika dimakan akan lebih pulen dan enak apalagi jika dimasak langsung dengan kayu bakar.

Sego abang ini bisa disajikan dengan berbagai macam lauk pendampingnya. Langsung simak yuk, aneka olahan nikmat sego abang jirak khas Gunungkidul.

1. Disajikan dengan sayur lombok ijo

5 Olahan Nikmat Sego Abang Jirak, Makanan Khas Gunungkidulinstagram.com/nindymajid

Sego abang jirak ini juga enak jika disajikan dengan sambal lombok ijo. Bahan yang digunakan adalah santan encer, tempe dipotong panjang, kacang panjang, santan kental, kemiri bawang merah, bawang putih, terasi lengkuas, jahe, daun salam, garam, dan gula pasir.

Cara membuatnya, yaitu:

  • Pertama masak sambal encer, masukkan kacang panjang, tempe, lengkuas, bawang merah dan putih, daun salam, dan gula pasir hingga mendidih;
  • Lalu masukkan santan kental masak hingga matang;
  • Tambahkan irisan cabe hijau kedalamnya;
  • Sajikan dengan tambahan tempe goreng, empal, dan tahu goreng.

2. Sego abang urap

5 Olahan Nikmat Sego Abang Jirak, Makanan Khas Gunungkidulilustrasi sego abang urap (cookpad.com)

Cara menyantap sego abang ini dengan menggunakan lalapan urap sebagai tambahan sayurnya. Urap adalah sayur yang dicampur dengan parutan kelapa yang sudah digongseng dan dibumbui. 

Urap biasanya menggunakan beberapa jenis sayuran seperti kangkung, kacang panjang, tauge dan daun ubi. Nasi yang panas ditambahkan dengan sayur urap serta ikan goreng membuat mulut tidak akan berhenti mengunyah karena nikmatnya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Nasi Goreng Seafood di Jogja, Rasanya Mantul!

3. Sego abang godhog

5 Olahan Nikmat Sego Abang Jirak, Makanan Khas Gunungkidulilustrasi sego godhog (cookpad.com)

Bukan orang Indonesia namanya jika makanannya belum ditambahkan nasi. Sego godhog ini merupakan percampuran nasi dan mie rebus, nasi yang sudah matang diolah kembali dengan direbus. 

Ada penambahan bumbu dan bahan pelengkap lainnya, sego godhog ini sering ditemukan di daerah Magelang. Biasanya jenis masakan ini tidak ada dalam daftar resep, hanya permintaan dari pelanggan atau pembeli saja.

4. Sego goreng abang ndeso

5 Olahan Nikmat Sego Abang Jirak, Makanan Khas Gunungkidulilustrasi nasi goreng nasi merah (dok. Yummy App)

Resep ini sama dengan resep nasi goreng biasa, yang membedakannya hanyalah beras yang digunakan. Jika biasanya pembuatan nasi goreng menggunakan beras putih sedangkan untuk membuat sego goreng ndeso menggunakan beras merah.

Setelah digoreng dengan menggunakan bumbu yang sudah ditumis sebelumnya sajikan dengan menaburkan bawang goreng diatasnya. Gurihnya aroma bawang menambah nikmat apalagi jika dimakan masih panas.

5. Sego abang gurih

5 Olahan Nikmat Sego Abang Jirak, Makanan Khas Gunungkidulsego abang jirak (visitingjogja.jogjaprov.go.id)

Resep ini menggunakan santan kental untuk memasak beras merah. Jangan lupa menambahkan bumbu seperti bawang putih, lengkuas, daun jeruk, dan daun salam. 

Tambahkan air sebatas beras, tunggu hingga masak baru siap dihidangkan. Rasa santan yang gurih menambah kenikmatan rasanya, apalagi jika ditambah oleh lalapan dan sambal terasi.

Apapun makanan pendampingnya, sego abang jirak selalu menggoda buat nambah lagi dan lagi karena merasa ketagihan enaknya. Tertaik mencobanya?

Baca Juga: 5 Olahan Laksa dengan Macam-Macam Mi, Tetap Terdepan

Topic:

  • Langgeng Irma Salugiasih

Berita Terkini Lainnya