Besok Jumat 4 Tempat Wisata di Gunungkidul Siap Lakukan Simulasi 

Simulasi dilakukan dari pintu masuk hingga parkiran 

Gunungkidul, IDN Times- Sebanyak empat tempat wisata di Gunungkidul akan dilakukan simulasi persiapan pembukaan destinasi wisata menjelang new normal. 

Empat tempat wisata tersebut adalah Gunung Api Purba, Nglanggeran, dan Pantai Baron, serta Pantai Kukup.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunung Kidul Harry Sukmono mengatakan simulasi tidak akan melibatkan pengunjung, namun hanya melibatkan beberapa orang pengelola sampai penduduk di sekitar destinasi.

 

 

Baca Juga: Jalani Rapid Test, 5 Pedagang Pasar Argosari Gunungkidul Reaktif

1. Simulasi akan dilakukan pada Jumat besok

Besok Jumat 4 Tempat Wisata di Gunungkidul Siap Lakukan Simulasi instagram.com/gunungapipurba

Simulasi tahap pertama akan dilakukan pada Jumat (12/6) mendatang. Simulasi akan dimulai dari pengecekan di pintu masuk hingga parkiran. 

“Nantinya saat simulasi, akan dibuat bagaimana destinasi wisata menyambut wisatawan, seperti pengecekan di pintu masuk, hingga parkiran.Simulasi akan dievaluasi apakah layak untuk diuji coba," kata Harry Sukmono pada Rabu (10/6), dilansir dari Antara.

2. Selanjutnya akan dilakukan simulasi tahap dua

Besok Jumat 4 Tempat Wisata di Gunungkidul Siap Lakukan Simulasi Salah satu keunikan di Pantai Baron IDN Times/faiza-shafa-prasta

Simulasi tahap kedua akan dilaksanakan pada Jumat (19/6) di Gunung Api Purba, Nglanggeran, dan Pantai Baron, serta Pantai Kukup.

Harry mengatakan, uji coba dengan melibatkan wisatawan. Keterlibatan wisatawan sendiri tetap akan dilakukan pengawasan ketat dan dalam jumlah terbatas.

"Simulasi ini akan dievaluasi untuk menyusun laporan apakah sudah layak untuk uji coba pembukaan lokasi pariwisata," katanya.

3. Pemkab Gunungkidul tidak akan tergesa-gesa membuka tempat wisata

Besok Jumat 4 Tempat Wisata di Gunungkidul Siap Lakukan Simulasi IDN Times/Daruwaskita

Bupati Gunung Kidul Badingah mengatakan rencana pembukaan tempat wisata perlu diukur dan dilihat apakah malah akan mempengaruhi kasus COVID--19 semakin banyak atau tidak.

"Kami tidak tergesa-gesa untuk membuka destinasi wisata yang penting semuanya aman," kata Badingah.

Dia berharap semua bersabar dan tetap mematuhi protokol kesehatan, seperti menggunakan masker saat keluar rumah, dan menjaga kesehatan. "Mulai komunikasi dengan petugas keamanan," katanya.

 

Baca Juga: Wisata Gunungkidul Ditutup, Ratusan Wisatawan Nekat Kunjungi Pantai

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya