Adik Ipar Sri Sultan HB X Meninggal Dunia, Dimakamkan di Kotagede

Ambulans akan dibawa melewati rumah duka

Kota Yogyakarta, IDN Times - Bendoro Raden Ayu (BRAy) Prabukusumo, Istri dari GBPH Prabukusumo yang merupakan adik ipar Sri Sultan HB X,  meninggal dunia pada Selasa (8/12/2020) pukul 19.31 WIB.

Perempuan yang memiliki nama asli Roswarini Sri Yuniarsih binti Soeroso meninggal dunia di RSUP Dr Sardjito. Kepala Bagian Hukum dan Humas Dr Sardjito, Banu Hernawan, menjelaskan almarhumah awalnya dirawat karena terkena COVID-19 namun juga memiliki penyakit penyerta.

 

 

 

 

1. Meninggal di RSUP RS Sardjito

Adik Ipar Sri Sultan HB X Meninggal Dunia, Dimakamkan di KotagedeKasubag Hukum dan Humas RSUP Dr. Sardjito, Banu Hermawan dalam sesi jumpa pers di Gedung Diklat, RSUP Dr. Sardjito, Selasa (28/1). (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Banu menambahkan BRAy Prabukusumo menjalani perawatan di RSUP Sardjito sejak tanggal 22 November 2020. Saat meninggal berusia 66 tahun.

“Saat masuk kondisinya sedang sakit, beliau memiliki penyakit penyerta pendarahan aneurysma abdomen, jadi penyebabnya bukan karena COVID,” ungkap Banu, Selasa (8/12/2020)

 

Baca Juga: Suka Duka di Balik Asiknya Gowes Kereta Hias Alun-alun Kidul

2. Dimakamkan di Kompleks Makam Raja Mataram di Kotagede

Adik Ipar Sri Sultan HB X Meninggal Dunia, Dimakamkan di KotagedeTempat makam Raja Mataram di Kotagede. Sumber: Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul

Berdasarkan informasi dari putra almarhum, Raden Mas Harcanie Prabu pemakaman akan dilakukan dilakukan, Rabu, 9 Desember 2020. 

"Jenazah akan dimakamkan di tempat istirahat terakhir keluarga Kraton Yogyakarta di Hastana Hastarengga Kotagede dengan standar penanganan COVID-19," ujar putra tertua Prabukusumo melalui pesan singkat WhatsApp. 

3. Ambulans akan melewati rumah duka

Adik Ipar Sri Sultan HB X Meninggal Dunia, Dimakamkan di Kotagedevisitingjogja.com

Sebelum dimakamkan di Kotagede, direncanakan ambulans yang membawa jenazah BRay Prabukusumo akan melewati rute dari RSUP DR Sardjito melewati rumah duka yang berada di Alun-Alun Selatan, Kraton Yogyakarta kemudian menuju makam keluarga.  

 

Baca Juga: Mengintip Uyon-Uyon Hadiluhung Keraton Jogja di Tengah Pandemik Corona

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya