Warga Bantul yang Jadi Tenaga Medis di Yogyakarta Positif COVID-19

Pasien ber-KTP Bantul namun berdomisili di Kota Jogja

Bantul, IDN Times - ‎Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pemkab Bantul menyatakan hingga Senin (6/4) pukul 16.30 WIB jumlah pasien positif COVID-19 sebanyak 5 orang yang dirawat di berbagai rumah sakit rujukan COVID-19 di Yogyakarta. Sedangkan pasien dalam pengawasan (PDP) COVID-19 yang dirawat sebanyak 28 orang, orang dalam pengawasan (ODP) yang dirawat sebanyak 8 orang.

"Pada pagi tadi (6/4) ada satu pasien positif COVID-19 yang dirawat di RS PKU Bantul yang merupakan pindahan pasien dari RSKP Respira meninggal dunia," kata juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penganan Infeksi COVID-19 Kabupaten Bantul, dr Sri Wahyu Joko Santosa, Senin (6/4).

Baca Juga: Satu Pasien Positif COVID-19 di Bantul Meninggal Dunia

1. Ada 2 warga Kecamatan Sewon yang positif COVID-19‎

Warga Bantul yang Jadi Tenaga Medis di Yogyakarta Positif COVID-19Update data pasien COVID-19 Kabupaten Bantul (6/4). Twitter/pemkabbantul

Terkait adanya perbedaan data pasien positif yang dimiliki DIY dan Kabupaten Bantul yakni adanya 2 pasien positif COVID-19 berasal dari Kecamatan Sewon, dr Oki, panggilan akrab Sri Wahyu Joko Santosa tak membantahnya. Sebab, satu pasien positif yang kini dirawat di RSUD Sleman merupakan warga Kecamatan Sewon namun pasien berdomisili di Kecamatan Mergangsan Kota Yogyakarta.

"Jadi yang pasien positif dari Kecamatan Sewon memang ada 2 pasien. Satu pasien dirawat di RSUD Kota Yogyakarta dan 1 pasien lagi dirawat di RSUD Sleman. Namun saat ini data sudah sama," ucapnya.

2. Salah satu pasien positif COVID-19 merupakan tenaga medis

Warga Bantul yang Jadi Tenaga Medis di Yogyakarta Positif COVID-19Ilustrasi (ANTARA FOTO/China Daily via REUTERS)

Pasien positif yang dirawat di Sleman, kata Oki, diakui merupakan seorang tenaga medis, berjenis kelamin laki-laki berusia 30 tahun. Kondisi pasien disebut cukup sehat meski sedang masih dalam perawatan di ruang isolasi.

"Ya memang 1 dari 2 pasien positif COVID-19 yang merupakan warga Kecamatan Sewon memang seorang tenaga medis dan diduga terpapar bukan dari wilayah Yogyakarta," terangnya.

3. Pasien yang meninggal Senin pagi punya riwayat diabetes

Warga Bantul yang Jadi Tenaga Medis di Yogyakarta Positif COVID-19Data sebaran pasien positif COVID-19 di Bantul (6/4). Twitter/pemkabbantul

Sementara, pasien positif COVID-19 yang meninggal bernama TH (53), jenis kelamin laki-laki. Pasien meninggal dunia pada Senin (6/4) pagi pukul 06.00 WIB. Dengan demikian, sudah ada dua pasien positif di Bantul yang meninggal.

TH sempat menjalani perawatan di RSK Paru Respira sejak 20 Maret lalu. Setelah dinyatakan positif COVID-19, pasien dipindahkan ke RS PKU Muhammadiyah Bantul. Diketahui TH memiliki riwayat penyakit diabetes.

Baca Juga: Positif COVID-19, ASN Pemda DIY Meninggal Dunia

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya