Satu Pasien Positif COVID-19 di Bantul Meninggal Dunia

Pasien juga mengidap diabetes

Bantul, IDN Times - ‎Seorang pasien positif COVID-19 yang dirawat di RS PKU Bantul akhirnya meninggal dunia pada Senin (6/3) pagi.

Menurut Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Bantul dr. Sri Wahyu Joko Santosa, pasien yang berdomisili di wilayah Kecamatan Jetis, Bantul itu meninggal dunia setelah menjalani perawatan di rumah sakit awal dan rujukan selama sekitar 17 hari.

1. Pasien meninggal sekitar pukul 06.00 WIB‎

Satu Pasien Positif COVID-19 di Bantul Meninggal Duniajuru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Penularan Infeksi COVID-19 Pemkab Bantul, dr. Sri Joko Nugroho (kiri). IDN Times/Daruwaskita

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Infeksi COVID-19, dr. Sri Wahyu Joko Santosa mengatakan pasien atas nama TH (53), jenis kelamin laki-laki meninggal dunia.

"Hari ini ada laporan dari PKU Muhammadiyah bahwa pasien terkonfirmasi positif COVID-19 meninggal. Pasien atas nama Th, 53 tahun, laki-laki," Joko melanjutkan, "Pasien meninggal dunia pukul 06.00 WIB pagi tadi," katanya, Senin (6/4).

2. Pasien memiliki riwayat penyakit diabetes

Satu Pasien Positif COVID-19 di Bantul Meninggal DuniaIlustrasi penanganan pasien virus corona. ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko

Menurutnya Joko, TH sempat menjalani perawatan di RSK Paru Respira sejak 20 Maret lalu. Setelah dinyatakan positif COVID-19, pasien kemudian dipindahkan ke RS PKU Bantul yang merupakan salah satu rujukan COVID-19 di DI Yogyakarta.

"Pasien memiliki riwayat penyakit gula," ungkap Joko.

3. Pemakaman akan dilakukan sesuai tata cara pasien COVID-19‎

Satu Pasien Positif COVID-19 di Bantul Meninggal DuniaIlustrasi Pemakaman untuk jenazah terpapar COVID-19 di TPU Cikadut, Bandung. IDN Times/Istimewa

Soal pemakaman jenazah, Joko, yang juga menjabat Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Bantul, mengaku belum mendapat informasi resmi dari pihak rumah sakit. Namun dia menegaskan jenazah harus dimakamkan sesuai tata cara pasien COVID-19.

"Ya, jenazah penguburan sesuai tata cara penguburan pasien COVID-19. Petugas penguburan juga menggunakan APD yang lengkap," tuturnya.

Dengan adanya laporan satu pasien positif meninggal ini, maka di Bantul sudah ada dua pasien positif meninggal.

Seorang pasien sebelumnya dikabarkan meninggal pada Minggu (5/4) di Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta, dengan nama AH, 71 tahun warga  Kecamatan Kasihan, Bantul.  AH mempunyai riwayat usai bepergian ke Singapura untuk berobat dan memiliki penyakit penyerta kronis yakni ginjal dan leukimia.‎

4. Lima pasien asal Bantul masih dirawat di sejumlah rumah sakit

Satu Pasien Positif COVID-19 di Bantul Meninggal DuniaRSUD Panembahan Senopati Bantul. IDN Times/Daruwaskita

Pada tanggal 5 April pukul 16.30 WIB, Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Bantul melaporkan ada enam pasien konfirmasi positif yang sedang dirawat di beberapa rumah sakit rujukan COVID-19, sehingga per hari ini pasien positif yang masih dirawat berjumlah lima orang.

Rumah sakit yang merawat pasien positif adalah Rumah Sakit Panembahan Senopati satu orang, RSUP Sardjito satu orang, RS PKU Muhammadiyah satu orang (dilaporkan meninggal), RSPAU Hardjolukito satu orang, RSUD Jogja satu orang dan RSUD Sleman satu orang.

Baca Juga: Dusun-Dusun di Bantul Lakukan Pembatasan, Ini Respons Pemkab Bantul

Topik:

  • Yogie Fadila
  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya