Tiket Bus AKAP untuk Balik Lebaran dari Bantul Nyaris Ludes

Harga tiket bus untuk arus balik tembus Rp450 ribu

Bantul, IDN Times - ‎Arus mudik Lebaran 2022 diprediksi baru mulai ramai pada akhir pekan ini. Namun, tiket arus balik dengan menggunakan bus antarkota antarprovinsi (AKAP) dari Bantul tujuan Jabodetabek sudah nyaris ludes dipesan oleh para pemudik.

Baca Juga: Organda DIY Siapkan 300 Bus Pariwisata untuk Angkutan Mudik

1. Keluarga pemudik di kampung diminta untuk memesan tiket arus balik‎

Tiket Bus AKAP untuk Balik Lebaran dari Bantul Nyaris LudesIlustrasi pemudik. (IDN Times/Denisa)

Salah satu agen tiket bus PO Murni Jaya di Terminal Imogiri, Tuti, mengatakan arus balik baru akan berlangsung pada tanggal 7-8 Mei 2022. Namun, saat ini tiket arus balik dengan tujuan Jabodetabek sudah sulit didapatkan atau bisa dikatakan ludes dipesan.

"Jadi kalau saya kan hanya melayani penjualan dengan pemberangkatan dari Terminal Imogiri dan semua kursi yang tersedia sudah nyaris dipesan oleh keluarga dari para pemudik yang ada di Bantul," katanya, Rabu (20/4/2022).

"Jadi memang pemudiknya belum sampai kampung halamannya namun keluarganya yang ada di kampung sudah dimintai untuk membeli tiket arus balik," tambahnya lagi.

2. Harga tiket diperkirakan naik hingga Rp450 ribu untuk tujuan Jabodetabek‎

Tiket Bus AKAP untuk Balik Lebaran dari Bantul Nyaris LudesPO. Murni Jaya yang melayani rute Jabodetabek dari Terminal Palbapang Bantul.(IDN Times/Daruwaskita)

Menyoal harga tiket, kata Tuti, mengatakan saat ini tarifnya di kisaran Rp350 ribu, tetapi harga tersebut bisa naik ataupun turun. Pemesan tiket harus membayar Rp350 ribu sebagai tanda jadi pemesanan tiket namun ketika pada hari pemberangkatan harganya naik maka harus menambah selisih harga kenaikan tiket tersebut. Sebaliknya, jika harganya turun uang akan dikembalikan.

"Jadi harga tiket arus balik sifatnya masih sementara, bisa naik atau turun namun demikian kemungkinannya naik di kisaran Rp400 ribu hingga Rp450 ribu per tiket," tuturnya.

Menurutnya, harga tiket bus tujuan Jabodetabek pada hari biasa hanya Rp150 ribu hingga Rp180 ribu. Namun harga tiket saat Lebaran umumnya naik dan itu sangat wajar.

"Hampir semua tiket bus AKAP saat Lebaran pasti naik semuanya. Meskipun antar Perusahaan Otobus (PO) kenaikan harga tiket bervariasi tinggal fasilitas dan pelayanan yang diberikan oleh PO tersebut," terangnya.

3. Pekan ini sudah mulai terlihat arus mudik Lebaran di Terminal Palbapang‎

Tiket Bus AKAP untuk Balik Lebaran dari Bantul Nyaris LudesIlustrasi pemudik.IDN Times/Daruwaskita

Sementara agen tiket PO Murni Jaya yang ada di Terminal Palbapang, Astri, mengaku dalam pekan ini sudah mulai terlihat arus mudik Lebaran meski jumlahnya masih sedikit.

"Jadi bus sudah mulai penuh penumpang dari Jabodetabek. Mungkin mau mudik awal agar lebih lama di rumah dan harga tiket bus juga belum naik tinggi," ucapnya.

Senada dengan Tuti, Astri mengaku pesanan tiket untuk arus balik Lebaran juga mulai sulit didapat mengingat jumlah armada bus yang melayani dari Terminal Palbapang jumlahnya juga terbatas. Selain itu, masih ada agen lain yang juga turut menjual tiket seperti agen tiket bus yang ada di seputar Terminal Giwangan.

"Paling kita hanya kejatah beberapa kursi saja jika bus keberangkatannya dari Terminal Giwangan namun jika bus berangkat dari Terminal Palbapang kita lumayan dapat jatah tiket. Namun untuk saat ini kursi yang tersedia juga sangat terbatas," ucapnya.

"Di Terminal Palbapang ini saat ramai ada dua armada bus dari PO Murni Jaya dan ditambah beberapa armada PO Sumber Alam yang juga menaikkan penumpang dari Terminal Palpabang," tambahnya lagi.‎

Baca Juga: Polres Bantul Dirikan 4 Pos Pengamanan Mudik Lebaran

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya