Sultan HB X: Lebaran Tidak Sekedar Berjabat Tangan 

Sultan ajak masyarakat untuk bersinergi membangun bangsa

Yogyakarta, IDN Times - Gubernur DI Yogyakarta, Sri Sultan HB X menyampaikan pesan Idul Fitri 1440 H kepada masyarakat. Dalam pesan yang disampaikan dalam bentuk video berdurasi 3 menit 52 detik itu Sultan menyatakan Idul Fitri tak sekadar berjabat tangan tetapi bisa menjadi penanda kehidupan yang baru.

Baca Juga: Sultan: Ramadan Momentum Hidup Hemat

1. Idul Fitri gerbang pintu maaf penyejuk kedamaian hati‎

Sultan HB X: Lebaran Tidak Sekedar Berjabat Tangan IDN Times/M.Idris

Menurut Raja Keraton Yogyakarta ini Idul Fitri tak hanya merayakan kegembiraan setelah satu bulan penuh menjalankan ibadah puasa.

"Idul Fitri bukan sekedar untuk merayakan kegembiraan tetapi juga menandai lembar kehidupan baru memasuki gerbang pintu maaf penyejuk kedamaian hati," ucap sultan.

2. Kata maaf membuat hati tercerahkan‎

Sultan HB X: Lebaran Tidak Sekedar Berjabat Tangan IDN Times/Nindias Khalika

Dalam video ucapan itu Sultan menyatakan masyarakat Yogyakarta beryukur karena telah selamat keluar dari kemelut negeri berkat kesigapan dan kesabaran aparat keamanan dalam berjihad menegakkan konstitusi.

Menurut Sultan, kata-kata penuh amarah dan kebencian membuat hati gundah tak terperikan. Namun, kata-kata sarat maaf membuat hati tercerahkan sehingga langkah menjadi ringan dalam mengetuk hati untuk tabayyun dan saling mendekat membangun jembatan islah.

"Semoga Tuhan yang maha bijaksana senantiasa menunjukkan jalan yang bijak penuh hikmah dalam menyelesaikan setiap perbedaan antar anak bangsa," ujarnya.

3. Idul Fitri tak hanya jabat tangan dan saling memaafkan‎

Sultan HB X: Lebaran Tidak Sekedar Berjabat Tangan Canva (Dokumentasi Pribadi)

Sultan mengajak masyarakat DIY untuk merajut benang-benang islami rahmatan Lil alamin untuk menguatkan kohesi sosial agar terbangun kembali semangat guyup rukun antar warga. Menurut Sultan, hendaknya kita merayakan perbedaan sebagai rahmat untuk saling menghargai dengan penuh toleransi atas pilihan dan keyakinan masing-masing.

"Di hari yang fitri ini marilah kita pererat kembali tali silaturahmi antaranak bangsa yang tak sebatas jabat tangan dan saling memaafkan melainkan dikembangkan menjadi kebersamaan, kerja sama, saling berbagi dan bersinergi dalam membangun peradaban yang bermartabat untuk mengejar bangsa-bangsa lain," ujarnya.

"Akhirul kalam, marilah kita petik makna hikmah dan makna pesan hari kemenangan rahmat dan berkah ini dengan saling berucap Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1440 H, Minal aidin wal faizin. Mohon maaf lahir batin. Insya Allah akan terbuka pintu maaf di setiap hati kita, agar kembali bersemi bagaikan embun nan fitri di pagi hari. Sekian, terima kasih. Wasslamualaikum Warahtullahi Wabarakatuh," kata Sultan lagi mengakhiri ucapan selamat Idul Fitri 1440 H.

Baca Juga: Piknik ke Malioboro? Ini Lokasi Kantong Parkir yang Wajib Kamu Ketahui

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya