Ribuan Umat Muslim Laksanakan Salat Idul Adha di Gumuk Pasir

Salat Idul Adha di Gumuk Pasir 2 tahun vakum akibat pandemik

Bantul, IDN Times - ‎Ribuan umat muslim di kawasan pesisir pantai selatan Parangtritis dan Depok, Kapanewon Kretek, Kabupaten Bantul, melaksanakan salat Idul Adha di Gumuk Pasir Parangkusumo. Salat Id ini digelar secara massal setelah dua tahun absen akibat pandemik COVID-19 yang melanda Indonesia termasuk di Bumi Projotamansari.

Sejak pukul 06.30 WIB ribuan umat muslim mulai berdatangan ke salah satu destinasi wisata yang cukup favorit di Kabupaten Bantul ini. Selanjutnya, mereka membentangkan alas di atas pasir dan membentuk saf untuk melaksanakan salat.

1. Muhammadiyah merayakan Idul Adha hari Sabtu

Ribuan Umat Muslim Laksanakan Salat Idul Adha di Gumuk PasirIlustrasi Logo Muhammadiyah. (muhammadiyah.or.id)

Ketua PRM Parangtritis, Isyudi, mengatakan sebagian besar peserta salat Idul Adha di Gumuk Pasir adalah dari Muhammadiyah. Sebab hanya Muhammadiyah yang merayakan Idul Adha pada hari ini.

"Peserta salat Idul Adha sebagian besar warga Parangtritis yang menjadi anggota dan simpatisan Muhammadiyah yang kebetulan merayakan Idul Adha hari ini," katanya, Sabtu (9/7/2022).

Baca Juga: Bantul Terjunkan 150 Petugas Pengawas dan Pemantau Hewan Kurban

2. Sekitar 3.700 umat melaksanakan salat Idul Adha di Gumuk Pasir‎

Ribuan Umat Muslim Laksanakan Salat Idul Adha di Gumuk PasirIlustrasi salat Iduladha di Gumuk Pasir Pantai Parangkusumo Bantul.(IDN Times/Daruwaskita)

Ada ribuan umat yang hari ini melaksanakan salat Idul Adha di Gumuk Pasir setelah dua tahun pelaksanaan salat Idul Adha tidak digelar secara massal akibat pandemi COVID-19.

"Kami perkirakan ada sekitar 3.700 umat yang hari ini mengikuti salat Idul Adha di Gumuk Pasir. Kalau salat Idul Fitri umatnya bisa mencapai 6 ribuan. Ya mungkin ini karena pertama digelar setelah pandemi dan salat Idul Adha tidak digelar di Gumuk Pasir ini," tuturnya.

Sementara terkait isi khotbah salat Idul Adha, Isyudi mengatakan ada tiga hal yang penting yakni, pertama bagaimana umat muslim meneladani sifat Nabi Ibrahim. Dalam hal ini jiwa pengorbanan untuk menunjukkan kecintaan dan menunjukkan rasa ikhlas, ketulusan hingga kesabaran.

"Selanjutnya tentang harapan untuk menjadi atau punya anak yang saleh, salehah. Kita juga berharap dari khotbah ini umat kita akan tergerak untuk bersedia berkurban,"katanya.

3. Masjid Al Amna Kalurahan Sumbermulyo, Kapanewon Bambanglipuro sembelih 12 ekor hewan kurban

Ribuan Umat Muslim Laksanakan Salat Idul Adha di Gumuk PasirPemotongan hewan kurban di Masjid Al Amna, Sumbermulyo, Bambanglipuro, Bantul.(IDN Times/Daruwaskita)

Sementara itu setelah melaksanakan salat Idul Adha, umat muslim dari Masjid Al Amna, Padukuhan Jogodayuh, Kalurahan Sumbermulyo, Kapanewon Bambanglipuro, Bantul, melaksanakan penyembelihan hewan kurban.

Takmir Masjid Al Amna, Heru Iriyanto mengatakan sebanyak 4ekor sapi serta 8 ekor kambing dan domba yang berasal dari 36 sohibul disembelih dalam waktu yang bersamaan.

"Semua hewan kurban sudah disembelih dan ada petugas pengawas dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Bantul yang terjun langsung memantau pelaksanaan penyembelihan hewan kurban," katanya.

"Semua hewan kurban dinyatakan sehat dan sesuai syariat. Serta tidak ditemukan adanya hati sapi yang mengandung cacing," ucapnya.

Nantinya daging hewan kurban yang diperoleh akan ditimbang terlebih dahulu sebelum dibagikan kepada warga yang datanya sudah ada di panitia kurban.

"Tidak hanya umat muslim saja yang mendapatkan daging kurban namun non muslim juga mendapatkan daging hewan kurban. Ini sudah menjadi tradisi kita puluhan tahun," tandasnya.‎

Baca Juga: Jelang Idul Adha, Pedagang Hewan Bantul Kurangi Stok hingga 50 Persen

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya