Ratusan Personel Polres Bantul Siap Amankan Ibadah Paskah

Pengamanan akan berlangsung terbuka maupun tertutup

Bantul, IDN Times - Polisi akan meningkatkan pengamanan dalam rangka memperingati Paskah tahun 2023. Pengamanan akan dilakukan, baik terbuka maupun tertutup.

"Ratusan personel gabungan Polres Bantul dan Polsek bakal mengamankan perayaan Paskah tahun ini," ujar Kapolres Bantul, AKBP Ihsan, Selasa, (4/4/2023).

1. Petugas akan lakukan sterilisasi gereja

Ratusan Personel Polres Bantul Siap Amankan Ibadah PaskahPetugas Jibom Gegana Polda DIY sterilisasi gereja di Bantul jelang misa Natal. IDN Times/Daruwaskita

Ihsan menjelaskan pengamanan di gereja nantinya para jemaat atau warga yang akan masuk ke gereja akan diperiksa terlebih dahulu. Selain itu, sterilisasi tempat juga akan dilakukan.

Setiap gereja akan di-setting personel pengamanan, baik terbuka dan tertutup untuk mengamankan giat perayaan Paskah di seluruh Gereja di Bantul

"Kita akan melaksanakan screening, sterilisasi, serta patroli ke tempat-tempat ibadah," kata dia.

2. Penjagaan gereja dilakukan selama 24 jam

Ratusan Personel Polres Bantul Siap Amankan Ibadah PaskahIlustrasi pengamanan ibadah yang dilaksanakan TNI dan Polri salah satu gereja. (IDN Times/ Ervan Masbanjar)

Pihaknya meminta jemaat dan warga untuk tetap tenang dan melaksanakan ibadah sebagaimana mestinya.

"Penjagaan terhadap rumah ibadah gereja akan laksanakan selama 24 jam. Dan telah disiapkan beberapa strategi pengamannya," tegasnya. 

Baca Juga: Ini Jadwal Misa Tri Hari Suci di Gereja Ganjuran Bantul

3. Gereja diminta membentuk tim pengamanan internal

Ratusan Personel Polres Bantul Siap Amankan Ibadah PaskahIDN Times/Daruwaskita

Meski begitu, Ihsan juga meminta pihak gereja untuk membentuk pengamanan secara internal. Sebab untuk menyaring kedatangan jemaat yang datang merupakan jemaat gereja tersebut atau bukan. 

"Semoga semua pelaksanaan kegiatan paskah dapat berjalan secara dengan aman, lancar, damai, dan sejuk, tanpa ada sedikit pun kendala dalam pelaksanaannya . Polri sebagai representasi negara akan hadir untuk melaksanakan pam giat terhadap secara optimal bersama unsur TNI dan Pemkab," tutupnya.

Baca Juga: Pejabat Negara dan ASN Dilarang Bukber, PHRI Bantul‎ Merugi

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya