Ratusan Kendaraan Menuju Obwis di Gunungkidul Diputar Balik

Ingat, tempat wisata di Gunungkidul belum ada yang dibuka!

Gunungkidul, IDN Times - ‎Ratusan kendaraan bermotor yang berusaha masuk ke objek wisata di Kabupaten Gunungkidul diminta putar balik oleh petugas. Pasalnya, belum ada objek wisata yang dibuka di Gunungkidul saat ini, sehingga wisatawan juga tidak diizinkan memasuki tempat wisata.

Baca Juga: 4 Siswa SD Terpapar COVID-19 saat Uji Coba PTM di Gunungkidul 

1. Lebih dari 200 kendaraan diputar balik

Ratusan Kendaraan Menuju Obwis di Gunungkidul Diputar BalikIlustrasi petugas gabungan memutarbalikkan wisatawan yang akan menuju objek wisata. (IDN Times/Daruwaskita)

Kasatlantas Polres Gunungkidul, AKP Martinus Sakti, pihaknya tetap melakukan tindak memutarbalikkan kendaraan wisatawan yang akan menuju sejumlah objek wisata di Bumi Handayani.

"Hari ini lebih dari 200 kendaraan yang kita putar balik," katanya, Minggu (26/9/2021).

2. Sebagian besar berasal dari luar daerah‎

Ratusan Kendaraan Menuju Obwis di Gunungkidul Diputar BalikPetugas memutarbalikkan kendaraan bermotor wisatawan yang akan berkunjung ke objek wisata di Gunungkidul. (dok. SAR Satlinmas Wilayah I Gunungkidul)

Menurut Sakti, ada berbagai kendaraan yang mencoba masuk objek wisata di Gunungkidul. Mulai dari sepeda motor, mobil pribadi hingga bus-bus yang membawa wisatawan.

"Ada juga beberapa kendaraan yang mencoba masuk objek wisata melalui jalur tikus namun usahanya gagal dan diminta putar balik," terangnya.

Dilihat dari pelat nomornya, kendaraan yang menuju objek wisata berasal dari luar daerah Gunungkidul. Para joki yang mencari uang dengan mengarahkan wisatawan melalui jalan yang tak diawasi juga telah diberi pengarahan sehingga tidak melakukan perbuatannya kembali.

"Ya kami beri edukasi agar tidak melakukan perbuatannya lagi," terangnya.

3. Dispar Gunungkidul sudah sosialisasi jalur menuju objek wisata ditutup‎

Ratusan Kendaraan Menuju Obwis di Gunungkidul Diputar BalikApel petugas gabungan sebelum melaksanakan penyekatan di jalur-jalur menuju objek wisata.(IDN Times/Daruwaskita)

Sekretaris Dinas Pariwisata, Gunungkidul, Harry Sukmono mengatakan wisatawan yang mencoba masuk objek wisata semakin banyak terutama saat akhir pekan Sabtu dan Minggu. Pihaknya juga sudah melakukan sosialisasi jika akses menuju objek wisata di Gunungkidul ditutup dan dijaga oleh petugas gabungan.

"Ya otomatis kendaraan wisatawan harus putar balik," katanya.‎

Baca Juga: Ini Alasan Dispar Tak Ajukan Wisata Gunungkidul Untuk Uji Coba   

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya