Polres Bantul Gelar Operasi Zebra Progo 2023 Selama 2 Pekan

Siapkan surat-surat berkendara dan jangan melanggar aturan

Bantul, IDN Times - ‎Polres Bantul menggelar Operasi Zebra Progo 2023 selama dua pekan, yaitu pada tanggal 4-17 September 2023. Operasi ini dilakukan secara serentak di wilayah Polda DIY dan seluruh Indonesia.

Dalam operasi ini, ada tujuh jenis pelanggaran yang menjadi sasaran utama selama operasi berlangsung.

1. Tujuh prioritas pelanggaran yang disasar dalam operasi‎

Polres Bantul Gelar Operasi Zebra Progo 2023 Selama 2 PekanKapolres Bantul, AKBP Michael R Risakotta.(IDN Times/Daruwaskita)

Kapolres Bantul, AKBP Michael R Risakotta, menjelaskan bahwa dalam Operasi Zebra Progo 2023, ada tujuh sasaran utama yang menjadi fokus penegakan hukum. Antara lain berkendara di bawah pengaruh alkohol, menggunakan gawai saat berkendara, tidak menggunakan helm SNI, mengemudi tanpa sabuk pengaman, melebihi batas kecepatan, serta pengendara di bawah umur dan tidak memiliki SIM.

"Fokus Operasi Zebra Progo 2023 ini fokus pada tujuh pelanggaran berlalu-lintas," katanya saat Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Progo 2023 di halaman Mapolres Bantul, Senin (4/9/2023).

2. Mengedepankan tindakan preemtif dan preventif‎

Polres Bantul Gelar Operasi Zebra Progo 2023 Selama 2 PekanRazia kendaraan bermotor. (Dok. Polres Bantul)

Sementara, konsep pelaksanaan operasi dilakukan dengan mengedepankan kegiatan preemtif, preventif, dan didukung pola penegakan hukum secara elektronik dan teguran simpatik. 

"Untuk pengendara diingatkan melengkapi surat-surat kendaraannya dan untuk mematuhi aturan lalu-lintas yang telah ditetapkan," terang Michael.

"Operasi Zebra Progo 2023 ini dilakukan untuk menciptakan suasana keamanan, keselamatan ketertiban dan kelancaran lalu lintas yang kondusif menuju pemilu damai 2024," imbuhnya.

Baca Juga: Ngaku Putus Pacaran, Pemuda asal Gunungkidul Jadi Begal Payudara

3. Meningkatkan budaya tertib berlalu lintas bagi masyarakat Bantul

Polres Bantul Gelar Operasi Zebra Progo 2023 Selama 2 PekanIlustrasi razia kendaraan oleh polisi. (Dok. Polres Bantul)

Selain itu kata Kapolres, operasi ini juga bertujuan untuk meningkatkan budaya tertib berlalu lintas masyarakat Bantul.

"Menurunkan angka pelanggaran lalu lintas, menurunkan angka kecelakaan lalu lintas dan jumlah fatalitas korban kecelakaan," ungkapnya.‎

Baca Juga: Berkendara Ugal-Ugalan, 3 Remaja Diamankan Polsek Banguntapan Bantul

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya