Pilkada Bantul, Sejumlah Kandidat Diakui Bakal Mandaftar ke Gerindra

Termasuk Ketua DPD II PAN Bantul

Bantul, IDN Times - Dewan Pimpinan Cabang Partai Gerindra Kabupaten Bantul akan membuka pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati untuk Pilkada Bantul 2020 pada pekan depan. 

Sekretaris DPC Partai Gerindra Kabupaten Bantul, Darwinto mengklaim sejumlah kandidat bakal calon bupati dan wakil bupati akan mendaftarkan diri ke partai berlambang kepala Garuda tersebut.

1. Ketua DPD II PAN Kabupaten Bantul bakal mendaftar sebagai bakal calon wabup

Pilkada Bantul, Sejumlah Kandidat Diakui Bakal Mandaftar ke GerindraKetua DPD II PAN Bantul Mahmud Ardi Widanta. IDN Times/Daruwaskita

Darwinto mengatakan sejumlah kandidat sudah melakukan komunikasi dengan dirinya. Mereka menanyakan kapan waktunya pendaftaran bakal calon bupati atau wakil bupati akan dilaksanakan oleh Partai Gerindra.

Selain itu, Gerindra Bantul juga telah melakukan penjaringan internal partai dan memutuskan untuk mendorong kadernya maju dalam pilkada 2020. Kader yang dimaksud adalah Bupati Bantul Suharsono yang juga ketua DPC Partai Gerindra Bantul.

"Mas Mahmud Ardi yang merupakan Ketua DPD II PAN Kabupaten Bantul juga sudah bertanya dan siap untuk mendaftar ke Gerindra sebagai bakal calon wakil bupati Bantul," katanya, Jumat (1/11).

Baca Juga: Jaring Kandidat Pilkada 2020, Gerindra Bantul Bentuk Tim 11

2. Sejumlah kandidat bakal mendaftar sebagai bacalon bupati dan bacalon wakil bupati Bantul‎

Pilkada Bantul, Sejumlah Kandidat Diakui Bakal Mandaftar ke GerindraBakal calon Bupati Bantul Dewata Eka Putra. IDN Times/Daruwaskita

Kandidat lain dari eksternal partai yang bakal mendaftar sebagai calon bupati Bantul lewat Gerindra adalah Dewata Eka Putra. Ia dikabarkan menjadi rival utama Suharsono untuk mendapatkan rekomendasi cabup Bantul dari DPP Partai Gerindra. 

"Pak Dewa juga dipastikan akan mendaftar sebagai bakal calon bupati Bantul melalui Partai Gerindra. Namun demikian untuk kepastian waktunya mendaftar saya belum tahu pasti," ucap Darwinto.

3. Internal Partai Gerindra dorong Bupati Bantul maju sebagai bakal calon bupati‎

Pilkada Bantul, Sejumlah Kandidat Diakui Bakal Mandaftar ke GerindraBupati Bantul Suharsono. IDN Times/Daruwaskita

Meski Gerindra Bantul mendorong Suharsono untuk maju kembali sebagai calon bupati Bantul, namun Darwin memastikan akan memberlakukan kebijakan yang sama bagi semua kandidat. Semua proses tahapan pencalonan juga harus dilalui semua kandidat baik dari internal maupun luar partai.

"Tahapan fit and proper test harus dilalui semua kandidat, visi misi juga harus disampaikan," ungkapnya.

4. Mahmud Ardi dan Dewata Eka Putra dipastikan akan mendaftar ke Partai Gerindra‎

Pilkada Bantul, Sejumlah Kandidat Diakui Bakal Mandaftar ke GerindraJumirin anggota fraksi Gerindra DPRD Bantul (kiri) bersama Datin Wisnu Pranyoto juru bicara Dewata Eka Putra (kanan). IDN Times/Daruwaskita

Ketua DPD II PAN Kabupaten Bantul, Mahmud Ardi Widanta membenarkan dirinya berencana akan mendaftarkan diri sebagai bakal calon wakil bupati melalui Partai Gerindra. Namun, kapan waktunya masih belum diputuskan.

"Yang jelas ketika Partai Gerindra Bantul resmi membuka pendaftaran saya akan datang dan mendaftar sebagai bakal calon wakil bupati Bantul," ungkapnya.

Kedekatan Partai Gerindra dan PAN tidak perlu diragukan lagi. Dalam 2 kali Pilpres, kedua partai ini selalu menjadi satu kubu. Hal ini diharapkan akan memuluskan langkah Mahmud untuk menjadi bakal calon wakil bupati yang akan diusung oleh Partai Gerindra.

"Kita juga memiliki 6 kursi di DPRD Bantul, hubungan Ketum Gerindra Pak Prabowo dengan Pak Amien Rais juga sangat dekat sehingga ke depan akan lebih mudah jika berkoalisi,"ucapnya.

Sementara juru bicara Dewata Eka Putra, Datin Wisnu Pranyoto memastikan Dewata Eka Putra akan mendaftarkan diri sebagai bakal calon bupati melalui Partai Gerindra namun untuk waktunya akan mencari saat yang terbaik.

"Yang jelas ketika DPC Partai Gerindra membuka pendaftaran bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati Pak Dewa pasti akan mendaftar," katanya.

Baca Juga: Abdul Halim Akui Isi Formulir Pendaftaran Cabup Bantul di NasDem

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya