Comscore Tracker

Peringati Father's Day, Ayah Ikut Belajar di Sekolah 

Orang tua murid akan lebih saling kenal‎

Kulon Progo, IDN Times - Hari ini, Rabu (11/9) ada yang berbeda di SD Islam Terpadu (SDIT) Ibnu Mas'ud di Wates Kulon Progo. Di dalam ruangan kelas siswa kelas 1, tidak hanya ada murid dan guru saja, namun ada bapak atau ayah yang mendampingi anaknya menuntut ilmu. 

1. Father's Day program gerakan ayah peduli buah hati‎

Peringati Father's Day, Ayah Ikut Belajar di Sekolah IDN Times/Daruwaskita

Program yang dinamai Father's Day merupakan program gerakan ayah peduli buah hati dan siswa kelas 1. Selama proses belajar siswa didampingi oleh ayah atau bapaknya. Sang ayah pun terlibat di dalam kelas untuk membuat prakarya hingga beribadah.

"Ya ini memang program spesial karena selama proses belajar mengajar sang ayah menemani buah hatinya," kata Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulim SDIT Ibnu Mas'ud, Martin, Rabu (11/9).

Baca Juga: Kopi Raja, Minuman Kopi Berbahan Baku Biji Buah Okra

2. Hari Ayah kurang dikenal dibandingkan Hari Ibu‎

Peringati Father's Day, Ayah Ikut Belajar di Sekolah IDN Times/Daruwaskita

Martin menjelaskan kegiatan ayah mendampingi anaknya belajar merupakan salah satu cara memperingati Hari Ayah yang selama ini asing di telinga masyarakat. Padahal seorang ayah juga mempunyai peran strategis dalam mendidik anak. 

"Program ini merekatkan anak dengan ayah karena selama ini seorang anak lebih dekat dengan ibunya. Anak juga bisa merasakan bagaimana perhatian seorang ayah kepada anaknya," tuturnya.

"Kan selama ini ayah lebih sibuk mencari nafkah sehingga anak lebih banyak diurus pendidikannya oleh sang Ibu," tuturnya lagi.

3. Orang tua siswa bisa lebih saling mengenal wali murid lainnya‎

Peringati Father's Day, Ayah Ikut Belajar di Sekolah IDN Times/Daruwaskita

Salah satu orang tua siswa, Arif Isnanto mengatakan program tersebut tidak saja mendekatkan ayah dengan anaknya namun juga mendekatkan orang tua dengan wali siswa lain yang selama ini kurang saling mengenal.

"Tapi memang ada kendala menghadirkan ayah ke sekolah mendampingi anaknya karena haris izin ditempat kerjanya," katanya.

Alya, salah satu siswa mengatakan dirinya senang karena baru kali ini ayahnya ikut belajar di sekolah.  "Ya senang karena selama ini tidak pernah didampingi ayah namun kali ini ayah ikut mendampingi belajar di sekolah."

Baca Juga: 8 Kuliner Pagi Yogyakarta yang Wajib Dicoba, Enak dan Murah!

Topic:

  • Febriana Sintasari

Just For You