Comscore Tracker

8 Kuliner Pagi Yogyakarta yang Wajib Dicoba, Enak dan Murah!

Perut kenyang, wajah senang

Membahas kuliner di Yogyakarta seakan tak pernah habis. Kota ini selama 24 jam penuh menyajikan berbagai macam makanan yang bisa denganmudah kamu temukan.

Yogyakarta tidak hanya terkenal dengan angkringan atau tempat nongkrongnya saja, namun juga kuliner yang bisa kamu temukan di pagi lagi. Jadi gak perlu khawatir kalau kamu belum sarapan. Di bawah ini rekomendasi beberapa tempat kuliner pagi Yogyakarta yang wajib kamu coba.

1. Soto Daging Sapi Pak Parno

8 Kuliner Pagi Yogyakarta yang Wajib Dicoba, Enak dan Murah!google.com/maps/@khoirul anas

Soto memang selalu identik menjadi menu sarapan. Kamu bisa mencoba warung soto sederhana yang gak terlalu terkenal di Yogya, tetapi rasanya boleh diadu dengan lainnya.

Namanya Soto Daging Sapi Pak Parno. Lokasinya berada di Jalan Prawirotaman 3 Nomor 711, Brontokusuman, Kecamatan Mergangsan, Kota Yogyakarta.

Makan soto di sini dijamin puas, karena potongan daging dan gajihnya benar-benar melimpah. Kamu juga bisa pesan porsi jumbo kalau belum puas dengan porsi normal.

Selain itu, tempe goreng yang disediakan juga selalu hangat. Seporsi soto dibanderol Rp8.000 saja. Murah dan puas!

Baca Juga: Hati-Hati Formalin ada di Makananmu, Kenali Ciri-Cirinya

2. Warung Brongkos Handayani

8 Kuliner Pagi Yogyakarta yang Wajib Dicoba, Enak dan Murah!instagram.com/jogjabikinlaper

Warung Brongkos Handayani merupakan spot sarapan legendaris. Warung yang berlokasi di kawasan Alun-alun Selatan ini sudah ada sejak 1975.

Menu utama yang disajikan adalah brongkos. Kuahnya kental kecokelatan dan diberi koyor atau tetelan sapi. Kamu harus datang pagi-pagi sekali kalau ingin sarapan di sini. Seporsi nasi brongkos dibanderol sekitar Rp20 ribuan.

3. Sop Empal Bu Wignyo

8 Kuliner Pagi Yogyakarta yang Wajib Dicoba, Enak dan Murah!instagram.com/jogjaeaters

Sop Empal Bu Wignyo beralamat di daerah Demangan, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta. Meski lokasinya agak terpencil, tapi warung ini selalu ramai hingga jam makan siang.

Menu spesialnya adalah nasi sop hangat, sambal, dan tentunya empal. Empal yang disajikan terasa empuk dan rasanya khas. Seporsi nasi sop empal harganya Rp15 ribu.

4. Pecel Pincuk Gumilang

8 Kuliner Pagi Yogyakarta yang Wajib Dicoba, Enak dan Murah!instagram.com/voilajogja

Satu lagi spot sarapan legendaris di Yogya, adalah Pecel Pincuk Gumilang namanya. Lokasinya berada di Ruko Perwita Regency, Jalan Parangtritis, Sewon, Bantul.

Kamu bisa menikmati seporsi pecel yang berisi nasi, taoge, daun pepaya, daun singkong, dan mentimun yang disiram sambal kacang. Bisa juga menambah beragam lauk, seperti empal, tahu, tempe bacem, telur ceplok, atau ayam. Seporsi nasi pecel dibanderol Rp10 ribuan.

5. Lontong Sayur Uda Uni

8 Kuliner Pagi Yogyakarta yang Wajib Dicoba, Enak dan Murah!instagram.com/uchi_thio

Pengin sarapan dengan menu Minang? Datang saja ke Lontong Sayur Uda Uni yang berlokasi di kawasan Stadion Mandala Krida, Yogyakarta.

Warung sederhana ini menyajikan menu lontong sayur yang punya cita rasa gurih pedas kaya rempah khas Sumatera. Seporsi lontong sayur berisi lontong, mie, telur, dengan siraman kuah serta taburan kerupuk bawang. Harganya mulai Rp10 ribuan.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Sate Kere Enak di Yogyakarta, Murah dan Bikin Nagih!

6. Gulai Ayam Moses

8 Kuliner Pagi Yogyakarta yang Wajib Dicoba, Enak dan Murah!instagram.com/jogjaculinary

Gulai Ayam Moses beralamat di Jalan Moses Gatotkaca Nomor 8, Mrican, Yogyakarta. Sesuai namanya, warung ini menyediakan menu sarapan berupa nasi hangat, suwiran ayam yang disiram kuah gulai, dan taburan bawang goreng.

Jangan lupa tambahkan tempe goreng hangat biar sarapanmu lebih lengkap. Satu porsi nasi gulai ayam dibanderol Rp10 ribuan.

7. Bubur Ayam Syarifah

8 Kuliner Pagi Yogyakarta yang Wajib Dicoba, Enak dan Murah!instagram.com/voilajogja

Selain soto, bubur ayam juga selalu identik dengan menu sarapan. Salah satu rekomendasi bubur ayam enak di Yogya yakni Bubur Ayam Syariah.

Lokasi Bubur Ayam Syariah ada banyak, salah satunya di Jalan Colombo Nomor 30, Caturtunggal, Depok, Kabupaten Sleman. Bubur ayam di sini punya tekstur yang khas, dengan porsi yang cukup banyak.

Kuahnya disediakan terpisah, sehingga kamu bisa menuang sesuai selera. Lauk pendampingnya pun terbilang lengkap. Seporsi bubur ayam dibanderol Rp10 ribu.

8. Jenang Bu Gesti

8 Kuliner Pagi Yogyakarta yang Wajib Dicoba, Enak dan Murah!instagram.com/gembulfoodie

Gak mau makan berat saat sarapan? Kamu bisa mencoba Jenang Bu Gesti yang berada di dalam Pasar Lempuyangan, Jalan Hayam Wuruk, Yogyakarta.

Jangan salah, jenang di sini merupakan langganan Sultan Hamengku Buwono X hingga para Presiden RI lho.

Di sini kamu bisa menikmati berbagai jajanan jenang, mulai dari jenang candil, jenang sumsum putih, jenang sumsum cokelat, dan jenang mutiara. Seporsi jenang dibanderol Rp5.000.

Delapan kuliner pagi Yogyakarta di atas bisa jadi rekomendasi sarapanmu yang nikmat. Ada yang sudah pernah kamu datangi?

Baca Juga: 8 Wisata di Yogyakarta yang Kental Nuansa Mistis, Berani Uji Nyalimu?

Topic:

  • Febriana Sintasari
  • Septi Riyani

Just For You