Pemkab Bantul Berencana Tambah Tempat Pembuangan Sampah Sementara 

Warga Seloharjo pernah menolak wilayahnya dijadikan TPS

Bantul, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Bantul berencana menambah satu tempat pembuangan sampah sementara, yang diharapkan mampu untuk mengantisipasi masalah sampah selama TPA Piyungan ditutup sementara.

Salah satu lokasi yang bakal dijadikan lokasi tempat pembuangan sementara adalah di Seloharjo. Hal itu didasarkan pada Pemkab Bantul yang akan menyurvei lokasi di Seloharjo.

1. Benarkan Pemda Bantul akan survei TPSS di Seloharjo

Pemkab Bantul Berencana Tambah Tempat Pembuangan Sampah Sementara ‎Lurah Seloharjo, Pundong, Bantul, Mahardi Badrun.(IDN Times/Daruwaskita)

Lurah Seloharjo, Mahardi Badrun membenarkan salah satu tanah sultan ground di Padukuhan Karangasem akan disuvei untuk keperluan tempat pembuangan sampah sementara. Ia bahkan sudah diberitahu akan ada pejabat dari Pemkab Bantul yang akan survei lokasi tersebut.

"Saya hari Selasa kemarin diberitahu akan ada pejabat yang melakukan survei ke lokasi, namun tak tunggu-tunggu gak datang," ucapnya.

2. Pemda DIY pernah survei di lokasi yang sama untuk TPST

Pemkab Bantul Berencana Tambah Tempat Pembuangan Sampah Sementara Para karyawan Pelindo Group sedang membersihkan sampah di Pantai Tirang Semarang, Sabtu (10/6/2023). (dok. Pelindo)

Badrun menjelaskan Pemda DIY survei di lokasi yang sama untuk rencana tempat pembuangan sampah teroadu (TPST) beberapa tahun silam, namun warga menolaknya. "Kalau sekarang Pemkab Bantul melakukan hal yang sama, pasti juga ditolak warga," ucapnya.

Baca Juga: TPA Piyungan Tutup, Sampah Menumpuk di Pasar Kota Yogyakarta

Baca Juga: Pembuangan Sampah Sementara di Cangkringan Dipastikan Batal Digunakan

3. Siapkan 1 hektare lahan untuk TPSS

Pemkab Bantul Berencana Tambah Tempat Pembuangan Sampah Sementara Ilustrasi sampah plastik (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

Menurut Badrun, saat warga menolak, pihaknya menyiapkan lahan seluas satu hektare milik kalurahan yang bisa dimanfaatkan untuk tempat pembuangan sampah sementata (TPSS) yang jauh dari pemukiman. "Itu lahan jauh dari penduduk dan merupakan tanah yang tidak subur," ungkapnya.

Baca Juga: 5 Tips Mengurangi Sampah Sisa Makanan di Rumah, Yuk, Lebih Cerdas

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya