TPA Piyungan Tutup, Sampah Menumpuk di Pasar Kota Yogyakarta

Tumpukan sampah meluber hingga ke jalan raya

Yogyakarta, IDN Times - Tumpukan sampah di Kota Yogyakarta ditemukan di beberapa lokasi. Hal ini menyusul penutupan sementara Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Piyungan, Bantul hingga 5 September mendatang.

1. Tumpukan sampah meluber hingga ke jalan raya

TPA Piyungan Tutup, Sampah Menumpuk di Pasar Kota YogyakartaTumpukan sampah di Kota Yogyakarta ditemukan di beberapa lokasi (Dokumentasi Forpi Kota Yogyakarta)

Forum Pemantau Independen (Forpi) Kota Yogyakarta menemukan di Pasar Kranggan, Jetis, Kota Yogyakarta terdapat tumpukan sampah meluber hingga ke jalan raya. Akibatnya tempat sampah sementara yang ditutup terpal, timbul sampah baru dan muncul bau tidak sedap. Selain itu banyak sampah-sampah hingga diluar yang ditutupi terpal.

Sementara depo sampah yang berada di luar Pasar Kranggan Kota Yogyakarta telah ditutup. "Berdasarkan petugas kebersihan yang kami temui, penutupan depo sampah Pasar Lempuyangan Kota Yogyakarta sejak Minggu (23/7/2023) kemarin," ujar anggota Forpi Kota Yogyakarta, Baharuddin Kamba, Senin (24/7/2023). 

 

2. Berharap Pemkot segera temukan lokasi pembuangan sampah sementara

TPA Piyungan Tutup, Sampah Menumpuk di Pasar Kota YogyakartaForum Pemantau Independen (Forpi) Kota Yogyakarta, Baharuddin Kamba. (IDN Times)

Forpi Kota Yogyakarta berharap Pemkot dalam waktu dekat bisa menemukan lokasi tempat penitipan sampah meskipun sifatnya sementara. Sembari menunggu TPA Piyungan Bantul dibuka.

"Berharap kepada OPD terkait untuk mensosialisasikan kebijakan menahan atau membawa sampah untuk sementara waktu. Sinergitas antar OPD termasuk Kalurahan dan Kemantren serta elemen masyarakat sangat perlu dilakukan agar penanganan terkait sampah segera diatasi," ujar Kamba. 

 

Baca Juga: Pemda DIY Siapkan Lahan Pembuangan Sampah Sementara di Cangkringan  

3. Pedagang pasar diminta bawa pulang sampah

TPA Piyungan Tutup, Sampah Menumpuk di Pasar Kota YogyakartaTumpukan sampah di Kota Yogyakarta ditemukan di beberapa lokasi (Dokumentasi Forpi Kota Yogyakarta)

Keterangan Lurah Pasar Lempuyangan, Kota Yogyakarta, Subagyo, para pedagang pasar diminta untuk membawa pulang sampah masing-masing. Kebijakan ini berlaku mulai Minggu kemarin hingga sampah-sampah diangkut oleh dinas terkait.

Terkait cukup banyaknya sampah dipintu sisi utara Pasar Lempuyangan, Subagyo mengatakan tumpukan sampah bukan berasal dari para pedagang.

 

Baca Juga: Pelaku Wisata Khawatir Masalah Sampah Ganggu Citra Jogja

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya