Pembuangan Sampah Sementara di Cangkringan Dipastikan Batal Digunakan

 Pemkab Sleman mencari lokasi lain 

Sleman, IDN Times - Sekretaris Daerah (Sekda) Sleman, Harda Kiswaya menyebut rencana penggunaan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Sementara di Karanggeneng, Umbulharjo, Cangkringan dipastikan batal dipakai. Keputusan batalnya lokasi tersebut tidak lepas dari penolakan sejumlah warga Karanggeneng.

Warga di padukuhan tersebut mengkhawatirkan adanya pencemaran jika lokasi tersebut digunakan sebagai TPS. Warga pun memasang sejumlah spanduk sebagai bentuk aksi penolakan.

1. Pemkab Sleman mencari lokasi lain

Pembuangan Sampah Sementara di Cangkringan Dipastikan Batal DigunakanSekretaris Daerah (Sekda) Sleman Harda Kiswaya. IDN Times/Siti Umaiyah

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman menghormati penolakan yang dilakukan oleh warga. Pemkab Sleman bakal mencari lokasi alternatif sebagai ganti lahan di Karanggeneng seluas 2 hektare tersebut.

"Kita hormati keputusan warga. Kita tidak boleh memaksakan kehendak. Kita akan cari lokasi lain, pasti dapat karena ini untuk kepentingan bersama, pasti ada jalan keluar. Ya (akan pindah lokasi lain). Sudah rembugan InsyaAllah dapat," ujar Harda, Rabu (26/7/2023).

2. Tunggu keputusan lokasi pasti

Pembuangan Sampah Sementara di Cangkringan Dipastikan Batal DigunakanRencana lokasi TPS Sementara di Karanggeneng, Umbulharjo, Cangkringan. (Dok. Istimewa)

Harda belum mau menyebutkan dimana lokasi pengganti pembuangan sampah sementara ini. Dikatakannya akan segera ada lokasi pengganti, karena dikhawatirkan sampah akan semakin menumpuk.

"Jangan dulu (menyebutkan lokasi), nanti kalau sudah deal. Nanti akan diminta tandatangan dulu baru diumumkan, karena kondisi darurat tidak boleh lama-lama," ujar Harda.

Baca Juga: TPS Cangkringan Ditolak Warga, Sultan:  hanya 1 Bulan, Lurah Setuju 

3. Memaksimalkan depo sementara waktu

Pembuangan Sampah Sementara di Cangkringan Dipastikan Batal DigunakanIlustrasi sampah plastik (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

Harda menyebut untuk penanganan sampah, saat ini masih memaksimalkan depo sampah yang ada. Harda juga meminta partisipasi warga Sleman untuk mengelola sampah.

"Sampah sementara ini di depo, makannya jangan sampai numpuk di sana. Secepat mungkin kita harus cari lokasi. Depo buka semua termasuk TPS 3R. DLH juga mengimbau agar masyarakat memilah sampah untuk antisipasi penumpukan di depo," kata Harda.

Baca Juga: Warga Sekitar TPS Cangkringan Khawatir Bau dan Pencemaran Sampah 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya