Pasangan AHM-JP Resmi Dideklarasikan untuk Pilkada Bantul 2020

Prosesi deklarasi AHM-JP berlangsung sederhana dan bermakna

Bantul, IDN Times - ‎Deklarasi pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih-Joko Purnomo atau pasangan AHM-JP dilangsungkan secara sederhana di pinggiran Tempuran Sungai Opak, di Desa Pleret, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul.

Pasangan balon bupati-wabup ini diusung oleh lima partai pengusung yakni PKB, PDI Perjuangan, PAN, Demokrat serta PBB dan didukung oleh Partai Gelora dan PSI. 

Baca Juga: AHM-JP Klaim PAN, Demokrat dan PBB Akan Merapat ke Koalisi PKB-PDIP

1. Pasangan AHM-JP menaiki perahu menuju tempuran Sungai Opak‎

Pasangan AHM-JP Resmi Dideklarasikan untuk Pilkada Bantul 2020Pasangan AHM-JP naiki perahu melewati Sungai Opak. IDN Times/Daruwaskita

Dari pantauan di lapangan, acara deklarasi pasangan AHM-JP diawali dengan salat Jumat bersama di Masjid An Nur Karangwuni, Desa Segoroyoso, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul. Usai salat Jumat, pasangan AHM-JP dengan berjalan kaki menerobos ladang pinggiran Sungai Opak. Perjalanan ini menggambarkan tekad untuk mewujudkan cita-cita hijrah dengan penuh keberanian dan semangat perjuangan.

Tiba di tepi Sungai Opak, selanjutnya pasangan AHM-JP menyeberang sungai dengan menggunakan perahu dengan membawa beragam bahan makanan pokok sebagai simbol dari gerakan hijrah untuk sebuah cita-cita membangunan tatanan kehidupan baru. Seperti hijrahnya Ibrahim dari Hebron ke Mekkah, Muhammad SAW dari Mekkah dan membangun peradaban baru di Madinah atau Sutowijoyo dan Ki Ageng Pemanahan dari Pajang menuju Mataram.

Politik hijrah menjadi inspirasi bagi pasangan AHM-JP untuk berani melakukan lompatan melalui gerakan bersama rakyat demi mewujudkan Bantul yang lebih baik. Sungai Opak sendiri dipilih karena menjadi sumber penghidupan dan kehidupan masyarakat sejak dulu kala dan Sunga Opak punya sejarah dalam perjalanan Keraton Mataram Islam.

2. Masyarakat menghadiahi AHM-JP dengan sapu dan cangkul‎

Pasangan AHM-JP Resmi Dideklarasikan untuk Pilkada Bantul 2020Deklarasi bapaslon Bupati dan Wakil Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih-Joko Purnomo. IDN Times/Daruwaskita

Dan sebagai bentuk kepercayaan kepada AHM-JP, keduanya lalu diarak oleh sejumlah orang menuju "paseban" (panggung deklarasi) untuk dikukuhkan sebagai pemimpin untuk membawa pada kehidupan baru nan maju dan sejahtera.

Atas kepercayaan rakyat kepada pasangan AHM-JP maka rakyat menghadiahi pasangan AHM-JP berupa pacul dan sapu lidi. Sapu lidi bermakna simbol kekuatan rakyat yang bersatu padu dan turut serta berperan aktif mendukung langkah-langkah pasangan AHM-JP sedangkan pacul dimaknai sebagai simbol dari aspirasi rakyat agar pasangan AHM-JP bekerja demi kesejahteraan rakyat.

3. Pilkada di Bantul bukan perang namun festival ide dan gagasan‎

Pasangan AHM-JP Resmi Dideklarasikan untuk Pilkada Bantul 2020Deklarasi bapaslon Bupati dan Wakil Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih-Joko Purnomo. IDN Times/Daruwaskita

Dalam orasinya di hadapan pimpinan dan kader partai koalisi pengusung serta relawan pemenangan pasangan AHM-JP, bakal calon Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih mengatakan pilkada Bantul 2020 bukanlah perang namun merupakan festival ide dan gagasan.

"Tidak ada perang, kita saudara semua. Maka pada hari ini kita mendeklarasikan dan kita ingin mewujudkan masyarakat Bantul yang lebih baik dan kembali ke Bantul Projotamansari," ucapnya.

Pasangan AHM-JP dan partai koalisi ingin membentuk pemerintah yang tidak ada sekat antara pemimpin dan rakyat, Bantul merupakan milik bersama. Pemerintah menjalankan pemerintahan karena amanat rakyat maka pasangan AHM-JP akan melayani masyarakat tanpa sekat.

"Itu jaminan kita (pasangan AHM-JP). Tentu juga dengan koalisi tujuh partai merupakan jumlah yang besar sehingga menjadi semangat kita, dan tidak ada keraguan untuk mewujudkan masyarakat Bantul lebih baik," katanya.

4. Pasangan AHM-JP merupakan perpaduan kaum santri dan nasionalis‎

Pasangan AHM-JP Resmi Dideklarasikan untuk Pilkada Bantul 2020Anggota DPR RI, Esti Wijayati yang turut hadir dalam deklarasi mengatakan pasangan AHM-JP. IDN Times/Daruwaskita

Sementara Anggota DPR RI, Esti Wijayati yang turut hadir dalam deklarasi mengatakan pasangan AHM-JP merupakan pasangan yang terbaik di Kabupaten dan akan bisa melayani seluruh masyarakat Bantul tanpa ada sekat dengan rakyat.

"Itu yang kita pegang dan kita perjuangan untuk masyarakat Bantul," tegas Esti yang juga anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan ini.

Sedangkan Ketua DPW PKB, DI Yogyakarta, Agus Sulistiyono mengatakan sosok AHM mewakili kaum santri dan JP mewakili kaum nasional sehingga perpaduan kaum santri dan nasionalis milik Indonesia oleh karena itu Bantul dengan keterwakilan AHM-JP mewakili mayoritas masyarakat di Bantul ini.

"AHM-JP pasti bisa," tegasnya.‎

Baca Juga: Enam Partai Deklarasi Usung Pasangan Noto Maju Pilkada Bantul 2020

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya