Enam Partai Deklarasi Usung Pasangan Noto Maju Pilkada Bantul 2020

Pimpinan DPW PBB tak hadiri acara deklarasi 

Bantul, IDN Times - ‎Koalisi tujuh yaitu partai yaitu Gerindra, Nasdem, PPP, Golkar, PKS dan PBB resmi mengusung Suharsono-Totok Sudarto (NOTO) menjadi bakal pasangan calon (bapaslon) dalam Pilkada Bantul 2020.

Peresmian pasangan NOTO dilakukan di pendopo Kusuma Home Stay, Jalan Parangtritis, KM 6,5 Dusun Demangan, Sewon, Kabupaten Bantul pada Minggu (16/8/2020).

Dari enam partai pendukung hanya pimpinan DPW partai PBB, Supriyono tampak tidak menghadiri acara deklarasi. 

1. Pasangan NOTO menunggu PAN dan Demokrat‎ bergabung

Enam Partai Deklarasi Usung Pasangan Noto Maju Pilkada Bantul 2020Ketua Tim Pemenangan pasangan NOTO, Arif Iskandar. IDN Times/Daruwaskita

Ketua Tim Pemenangan pasangan NOTO, Arif Iskandar dalam sambutannya mengatakan partai gabungan pendukung NOTO masih menunggu dua partai lainnya yaitu PAN dan Demokrat.  

"Kita masih menunggu sikap dari PAN dan Demokrat untuk mendukung pasangan NOTO dalam pilkada Bantul 2020," kata Arif yang juga Sekretaris DPC Partai Nasdem Kabupaten Bantul.

Baca Juga: Empat Partai Sepakat Usung Danang Wicaksana Maju Pilkada Sleman 

2. NOTO diusung enam partai koalisi dengan jumlah 21 kursi di DPRD Bantul‎

Enam Partai Deklarasi Usung Pasangan Noto Maju Pilkada Bantul 2020Deklarasi partai koalisi pengusung pasangan NOTO. IDN Times/Daruwaskita

Arif menjelaskan dari enam partai koalisi yang telah resmi mengeluarkan surat rekomendasi mengusung pasangan NOTO di antaranya Partai Gerindra, Nasdem, PKS dan Golkar. Sedangkan PPP dan PBB masih dalam proses dan hanya tinggal menunggu waktu saja.

"Tapi untuk komunikasi dan kesepakatan mengusung pasangan NOTO sudah ada kesepakatan ditingkat pimpinan kabupaten dan provinsi," ungkapnya.

NOTO diusung enam partai koalisi dengan jumlah 21 kursi di DPRD Bantul‎ dan 34 jaringan relawan pendukung NOTO yang saat ini jumlahnya mencapai 8.500 relawan.

3. Ketua DPW PBB DIY gotong royong bangun masjid bersama bakal calon wakil bupati Bantul Joko Purnomo

Enam Partai Deklarasi Usung Pasangan Noto Maju Pilkada Bantul 2020Ketua DPW PBB Supriyono (baju batik) bersama dengan bakal calon wakil bupati Bantul Joko Purnomo gotong royong bangun masjid di Desa Canden,Kecamatan Jetis. IDN Times/Istimewa

Meski PBB disebut mengusung pasangan NOTO, namun tanpa kehadiran Ketua DPW PBB DI Yogyakarta sekaligus anggota DPRD Bantul Supriyono memberikan sinyal bahwa partai besutan Yusril Ihza Mahendra ini tak mendukung pasangan NOTO.

Hal ini diperkuat beredarnya foto Supriyono justru menghadiri acara gotong royong membangun masjid di Dusun Sanggrahan Pulo Kadang, Desa Canden, Kecamatan Jetis. Dalam acara gotong royong membangun masjid tersebut hadir pula bakal calon wakil bupati Bantul yang diusung oleh koalisi PKB-PDI Perjuangan yakni Joko Purnomo dan Bendahara DPC PDI Perjuangan Bantul Dwi Kristianto‎

"Iya tadi memang Pak Supri bersama kami ikut gotong royong membangun masjid," kata Dwi Kristianto ketika dikonfirmasi mengenai kehadiran ketua PBB. 

Sementara Supriyono ketika dikonfirmasi melalui sambungan telepon mengatakan PBB belum menentukan sikap mengusung pasangan NOTO dan pasangan Abdul Halim Muslih-Joko Purnomo atau pasangan AHM-JP.

"Kalau ada lambang partai PBB di deklarasi pasangan NOTO tidak masalah, biarkan saja. Tapi sampai saat ini PBB belum menentukan pilihan. Saya baru luar kota," ucapnya.


Baca Juga: Hati-hati, Jumlah Kasus Positif COVID-19 di DIY Tembus 1.000 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya