Comscore Tracker

AHM-JP Klaim PAN, Demokrat dan PBB Akan Merapat ke Koalisi PKB-PDIP

Koalisi yang dibangun PKB-PDIP bukan atas dasar mahar

Bantul, IDN Times - ‎Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta, Joko Purnomo mengklaim 3 partai yang memiliki kursi di DPRD Bantul bakal merapat ke koalisi PKB-PDI Perjuangan dalam Pilkada Bantul 2020.

"Tiga partai yang sampai saat ini belum menentukan sikap mendukung koalisi PKB-PDIP atau koalisi Gerindra, Nasdem, Golkar dan PPP, dipastikan akan merapat ke koalisi PKB-PDI Perjuangan dalam Pilkada Bantul 2020," ujarnya disela-sela acara Pelantikan Pengurus Srikandi Projotamansari dan Deklarasi Dukungan Perempuan Bantul untuk AHM-JP di Pendopo Jogloyoso, Palbapang, Bantul, Minggu (2/8/2020).

Baca Juga: PPP Bantul Resmi Dukung Noto di Pilkada Bantul 2020

1. Koalisi yang dibangun PKB-PDIP bukan atas dasar mahar politik‎

AHM-JP Klaim PAN, Demokrat dan PBB Akan Merapat ke Koalisi PKB-PDIPPelantikan Pengurus Srikandi Projotamansari dan Deklarasi Dukungan Perempuan Bantul untuk AHM-JP di Pendopo Jogloyoso, Palbapang, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta, Minggu (2/8/2020). IDN Times/Daruwaskita

Joko Purnomo yang juga bakal calon wakil bupati Bantul mengatakan PKB-PDIP saat ini masih intens melakukan komunikasi dengan ketiga partai tersebut. Dalam satu pekan ke depan, ia mengatakan sudah akan ada hasilnya.‎

"Yang jelas koalisi yang dibangun oleh PKB-PDIP dengan 3 partai lainnya di Bantul bukan atas dasar transaksional atau mahar namun dibangun bersama-sama untuk menata pemerintahan yang baik dan kembali lagi ke Bantul yang projotamansari," ucapnya.

2. Belum punya target berapa persen kemenangan

AHM-JP Klaim PAN, Demokrat dan PBB Akan Merapat ke Koalisi PKB-PDIPIlustrasi Pencoblosan (IDN Times/Mardya Shakti)

‎Joko mengaku, meski ada tambahan koalisi dari 3 partai, pihaknya belum bisa menargetkan berapa persen kemenangan dalam Pilkada 9 Desember 2020. Namun demikian, kata dia, targetnya adalah menang.

"Belum punya gambaran berapa persen target kemenangan, namun menang saja sudah baik," ucapnya.

3. Tiga partai yang akan merapat ke koalisi PKB-PDIP adalah PAN, Demorat dan PBB‎

AHM-JP Klaim PAN, Demokrat dan PBB Akan Merapat ke Koalisi PKB-PDIPBakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati Bantul, Abdul Halim Muslih-Joko Purnomo melantik pengurus Srikandi Projotamansari dan Deklarasi Dukungan Perempuan Bantul untuk AHM-JP di Pendopo Jogloyoso, Palbapang, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta, Minggu (2/8/2020).

Sementara Ketua DPC PKB Bantul sekaligus bakal calon bupati Bantul, Abdul Halim Muslih mengatakan 3 partai yang akan bergabung dalam koalisi PKB-PDIP adalah PAN, Demokrat, dan PBB‎.

"Dalam satu pekan atau dua pekan ke depan akan ada keputusan karena dalam pekan ini baru melakukan finalisasi bergabunganya PAN, Demokrat dan PBB," ucapnya.

Dengan tambahan 3 partai yang akan bergabung dengan koalisi PKB-PDI Perjuangan yang saat ini memiliki 17 kursi di DPRD Bantul maka akan ada tambahan 8 kursi dari PAN, Demokrat dan PBB sehingga total kursi mencapai 25 kursi di DPRD Bantul.

"Semoga saja apa yang kita komunikasikan dengan 3 partai tersebut akan segera terwujud dan akan segera dilakukan deklarasi koalisi partai yang mengusung Abdul Halim Muslih-Joko Purnomo dalam pilkada Bantul 2020," terang Halim yang juga wakil bupati Bantul petahana ini.‎

Baca Juga: Sakit Hati, Sejumlah Kader PDIP Dukung Suharsono di Pilkada Bantul 

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya