Comscore Tracker

Lagi, Seekor Penyu Ditemukan Mati di Pantai Sepanjang Gunungkidul

Penyu yang ditemukan mati sudah mengeluarkan bau busuk

Gunungkidul, IDN Times - ‎Seekor penyu dengan bobot sekitar 30 kilogram ditemukan dalam kondisi mati dan telah membusuk di Pantai Sepanjang, Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul pada Sabtu (28/11/2020).

Di pantai yang sama, warga juga dua kali menemukan penyu dalam kondisi mati sebelum ini.

Baca Juga: Dalam Tiga Hari, Dua Penyu Ditemukan Membusuk di Pantai Gunungkidul

1. Bangkai penyu ditemukan oleh seorang pedagang di Pantai Sepanjang‎

Lagi, Seekor Penyu Ditemukan Mati di Pantai Sepanjang GunungkidulSeekor penyu ditemukan mati di Pantai Sepanjang Gunungkidul. IDN Times/Istimewa

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul, Marjono, mengatakan bangkai penyu itu pertama kali ditemukan oleh salah seorang pedagang di Pantai Sepanjang. Saat itu pedagang sedang menata warungnya yang tak jauh dari pantai dan mencium bau busuk seperti bau bangkai.

"Setelah dicari sumber bau busuk tersebut ternyata dari bangkai penyu," katanya saat dihubungi melalui sambungan telepon.

2. Bangkai penyu langsung dikubur

Lagi, Seekor Penyu Ditemukan Mati di Pantai Sepanjang GunungkidulSeekor penyu ditemukan mati di pinggir pantai. IDN Times/Istimewa

Pedagang tersebut selanjutnya melaporkan penemuan bangkai penyu kepada petugas SAR yang langsung datang ke lokasi. Bangkai satwa tersebut dikubur agar tidak menimbulkan bau yang menyengat dan mengganggu wisatawan.

"Penyu jenisnya apa belum diketahui, namun memiliki panjang 30 sentimeter, lebar 20 sentimeter dan berat sekitar 30 kilogram," ungkap Marjono.

Penemuan bangkai penyu kali ini merupakan penemuan yang ketiga kalinya di Pantai Sepanjang selama tahun 2020 ini. Penyu semuanya ditemukan dalam kondisi mati dan belum diketahui pasti penyebabnya.

"Jadi sepanjang bulan Januari hingga akhir bulan November 2020 ini sudah tiga kali penyu ditemukan mati di Pantai Sepanjang," terangnya.

3. Tidak ada lagi penangkapan penyu secara ilegal

Lagi, Seekor Penyu Ditemukan Mati di Pantai Sepanjang GunungkidulSeekor penyu yang berada disalah satu konservasi pelestarian penyu di Kabupaten Bantul. IDN Times/Daruwaskita

Lebih jauh, Marjono mengatakan nelayan di Pantai Selatan Kabupaten Bantul sudah tidak ada lagi yang melakukan penangkapan penyu secara ilegal. Mereka sudah paham dengan hukumannya jika ketahuan menangkap penyu. Demikian pula telur penyu yang ditemukan langsung diserahkan ke tempat penangkaran atau konservasi penyu.

"Sudah ada sosialisasi bahwa penyu merupakan salah satu binatang laut yang dilindungi oleh undang-undang, demikian pula telur penyunya sehingga tidak ada lagi penangkapan penyu secara ilegal," katanya.‎

Baca Juga: Kalah Judi Online, Dua Pria Rampok dan Habisi Karyawan Warung Soto 

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya