Dalam Tiga Hari, Dua Penyu Ditemukan Membusuk di Pantai Gunungkidul

Belum diketahu penyebab kematian penyu

Gunungkidul, IDN Times - ‎Sebanyak tiga ekor penyu ditemukan mati dalam kondisi membusuk di beberapa pantai di Gunungkidul. 

Di Pantai Kodok pada Mingu (22/7/2020) ditemukan penyu berukuran panjang 30 sentimeter dengan berat 26 kilogram dalam keadaan mati. 

"Penyu ditemukan sudah mati bahkan kondisinya sudah membusuk. Penyu ditemukan saat petugas melakukan patroli di pantai," kata Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul, Surisdiyanto, Selasa (21/7/2020).

Baca Juga: Band Dekan UGM Gelar Konser Amal Virtual untuk Bantu Mahasiswa

1. Penyu kembali ditemukan mati di Pantai Somedang

Dalam Tiga Hari, Dua Penyu Ditemukan Membusuk di Pantai Gunungkidulkelilingnusantara.com

Pada Selasa (21/7/2020) siang, salah seorang anggota SAR kembali menemukan penyu dengan kondisi mati dan telah membusuk di pinggir Pantai Somedang, Kalurahan Tepus, Kapanewon Tepus.

"Kali ini penyu yang ditemukan mati ukurannya lebih besar lagi yakni panjang sekitar 40 sentimeter dan lebar mencapai 30 sentimeter serta berat sekitar 40 kilogram," katanya.

2. Tim SAR tidak mengetahui jenis penyu yang mati

Dalam Tiga Hari, Dua Penyu Ditemukan Membusuk di Pantai GunungkidulSeekor penyu ditemukan mati di pinggir pantai. IDN Times/Istimewa

Anggota SAR mengaku tidak mengetahui jenis penyu yang mereka temukan. Pada saat ditemukan sudah menjadi membusu dan langsung dikuburkan. 

"Panyu langsung kami kubur, kasihan wisatawan yang datang karena baunya sudah sangat menyengat," ucapnya.

3. Belum diketahui pasti penyebab kematian penyu

Dalam Tiga Hari, Dua Penyu Ditemukan Membusuk di Pantai GunungkidulIlustrasi penyu. Unsplash.com

Ditanya tentang penyebab pasti kematian penyu, Surisdiyanto mengatakan belum mengetahui penyebabnya, namun dugaan disebabkan gelombang pasang yang menyebabkan penyu terdampar di pantai.

Untuk membantu kehidupan penyu, Tim SAR mengimbau warga yang menemukan penyu dalam keadaan hidup, diharapkan  membantu melepaskan ke laut.

"Kehidupan biinatang ini kan dilindungi undang-uandang, warga harus bantu. Namun sejauh ini, penyu yang terdampar di pantai lebih banyak dalam kondisi telah mati," katanya.‎

Baca Juga: Istrinya Maju di Pilkada, Bupati Sleman: Ibu Dilamar

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya