Kronologi Nelayan Samas Bantul Meninggal Usai Konsumsi Miras

Miras Red Label dipasok seseorang bernama Memet

Bantul, IDN Times - ‎TM (37), seorang nelayan di Pantai Samas, Kabupaten Bantul, meninggal dunia usai mengonsumsi minuman keras bersama dengan nelayan lainnya. Korban sempat dilarikan ke rumah sakit namun nyawa korban tak tertolong dan dinyatakan meninggal dunia pada Selasa (10/10/2023) sekitar pukul 19.00 WIB.

Kasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry, membeberkan kronologi dan fakta-fakta meninggalnya korban usai penyidik melakukan penyelidikan di Pantai Samas.

1. Korban bersama nelayan lainnya mengkonsumsi miras pada Sabtu malam

Kronologi Nelayan Samas Bantul Meninggal Usai Konsumsi MirasIlustrasi Miras (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Jeffry mengatakan, menurut keterangan rekan korban yang ikut mengonsumsi miras, yakni Mujiman alias Bagong, ia bersama korban dan nelayan lainnya, yakni Tatag Rismawan, Yudi Nur Wijaya, Iwan dan Adit, mengonsumsi miras di pinggir Pantai Samas pada Sabtu (07/10/2023) sekitar pukul 19.00 WIB.

"Awalnya korban bersama dengan Mujiman dan empat nelayan lainnya mengonsumsi miras di pinggir Pantai Samas," katanya, Rabu (11/10/2023).

2. Korban bersama nelayan lainnya kembali mengonsumsi miras pada Senin

Kronologi Nelayan Samas Bantul Meninggal Usai Konsumsi Mirasilustrasi pesta miras (pexels.com/Kindel Media)

Tak berhenti di situ, pada Senin (9/10/2023) sekitar pukul 16.00 WIB, korban bersama Mujiman, Tri Jarwanto, Mbah Kancil, Tatag Rusmawan, dan Joto kembali bersama-sama mengonsumsi miras di rumah Joto.

"Dari keterangan Mujiman atau Bagong, miras yang diminum jenis Red Label dan AL yang didapat dari saudara Memet yang merupakan teman dari Tatag," ucapnya.

3. Pada Selasa, korban meninggal dunia di RS Elisabeth Ganjuran‎

Kronologi Nelayan Samas Bantul Meninggal Usai Konsumsi MirasRumah Sakit Santa Elisabeth Ganjuran. (IDN Times/Daruwaskita)

Kemudian, pada Selasa (10/10/2023) sekitar pukul 11.00 WIB, korban mengalami keluhan tidak bisa melihat dan sakit perut. Korban lantas dibawa oleh istrinya ke RS Elisabeth Ganjuran.

"Sekitar pukul 19.15 WIB korban dinyatakan meninggal dunia," ungkap Jeffry.

Baca Juga: Lagi-Lagi Terjadi, Nelayan di Bantul Meninggal Usai Konsumsi Miras

4. Dua nelayan yang ikut mengonsumsi miras dilarikan ke RS PKU Muhammadiyah Bantul‎

Kronologi Nelayan Samas Bantul Meninggal Usai Konsumsi MirasIlustrasi rumah sakit (IDN Times/Arief Rahmat)

Jeffry mengatakan pada hari yang sama, Selasa (10/10/2023) sekitar pukul 21.00 WIB, Tri Jarwanto dan Mujiman dilarikan oleh keluarganya ke RS PKU Muhammadiyah Bantul untuk mendapatkan perawatan medis.

"Tri Jarwanto dan Mujiman juga mengaku mereka telah bersama-sama mengonsumsi miras," ungkapnya.

5. Keluarga menerima kematian korban sebagai musibah

Kronologi Nelayan Samas Bantul Meninggal Usai Konsumsi MirasIlustrasi jenazah (IDN Times/Mia Amalia)

Lebih lanjut Jeffry mengatakan jenazah dari TM sudah dibawa pulang oleh keluarga dari RS Elisabeth Ganjuran dan akan dimakamkan pada Rabu (11/10/2023) di pemakaman setempat pada pukul 14.00 WIB.

"Keluarga telah menerima sebagai musibah dan tidak akan menuntut siapa pun serta tidak menghendaki autopsi. Atas keterangan tersebut telah dibuatkan surat pernyataan," pungkasnya.‎

Baca Juga: Ini Jenis Miras yang Diduga Sebabkan Nelayan Pantai Samas Tewas

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya