Kasus COVID-19 di Bantul Mulai Melandai

Puncak COVID-19 gelombang ketiga masih belum bisa dipastikan

Bantul, IDN Times - ‎Dalam satu pekan terakhir, angka pasien COVID-19 yang sembuh lebih tinggi dibandingkan konfirmasi kasus baru. Meski begitu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul belum bisa memastikan apakah kasus COVID-19 sudah mencapai puncaknya atau belum.

"Kalau dilihat dari kasus sembuh dengan penambahan kasus baru COVID-19 dalam satu pekan ini lebih banyak kasus sembuhnya. Namun, kita belum bisa memastikan apakah Bantul sudah melewati puncak kasus COVID-19 pada gelombang ketiga ini," kata Kepala Dinkes Bantul, Agus Budi Raharja, Sabtu (12/3/2022).

Baca Juga: Bantul Jadi Daerah Percontohan Nasional Penurunan Stunting

1. Kepastian puncak penularan COVID-19 akan diketahui akhir Maret ini

Kasus COVID-19 di Bantul Mulai Melandaiilustrasi virus corona (IDN Times/Mardya Shakti)

Pihaknya, kata Agus, baru bisa memastikan puncak COVID-19 sudah berlangsung setelah akhir bulan Maret ini dengan catatan tren kasus sembuh terus meningkat dibandingkan penambahan kasus baru COVID-19.

"Tren kasus sembuh lebih tinggi dibandingkan kasus baru COVID-19 linier dengan perkembangan kasus COVID-19 tingkat nasional yang kasus sembuhnya lebih tinggi dibandingkan kasus baru pasien COVID-19," tuturnya.

2. Jumlah pasien yang dirawat di rumah sakit dan selter milik kabupaten menurun‎

Kasus COVID-19 di Bantul Mulai Melandaiilustrasi pasien COVID-19 berhasil sembuh (ANTARA FOTO/Kornelis Kaha)

Agus mengatakan, meningkatnya jumlah pasien COVID-19 yang sembuh juga berpengaruh terhadap tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit rujukan COVID-19 maupun di selter milik kabupaten.

"Jauh menurun pasien yang dirawat di rumah sakit maupun yang dirawat di selter yang dikelola Pemkab Bantul," ungkapnya.

3. Data kasus COVID-19 di Bantul selama sepekan terakhir

Kasus COVID-19 di Bantul Mulai MelandaiIlustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Menurut data yang dirilis Dinkes Bantul terkait perkembangan jumlah kasus COVID-19, pada 5 Maret 2022 menunjukkan kasus baru bertambah 434 kasus, sedangkan kasus sembuh mencapai 579 kasus. Pada 6 Maret 2022 kasus baru sebanyak 371 kasus dan kasus sembuh bertambah 485 kasus.

Pada 7 Maret 2022, kasus baru bertambah 517 kasus dan kasus sembuh mencapai 553 kasus. Kasus pasien sembuh juga meningkat dibandingkan kasus baru pada tanggal 10 Maret 2022 yang mencapai 435 kasus sembuh dan kasus baru 306 kasus.

"Kalau melihat statistik memang kasus sembuh dalam satu pekan ini lebih tinggi dibandingkan tambahan kasus baru pasien COVID-19. Semoga tren ini terus membaik hingga akhir bulan Maret ini sehingga bisa dikatakan Bantul sudah melewati puncak penularan kasus COVID-19," tambah Agus.‎

Baca Juga: PPKM Level 4, Pemkab Bantul Tetap Buka Semua Tempat Wisata 

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya