PPKM Level 4, Pemkab Bantul Tetap Buka Semua Tempat Wisata 

Pastikan jumlah pengunjung dibatasi 25 persen  

Bantul, IDN Times - Pemkab Bantul memastikan tempat wisata dibuka seperti biasa selama masa penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4. Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih memastikan tidak ada penutupan tempat wisata yang dikelola oleh pemerintah, namun kapasitas jumlah pengunjung dibatasi 25 persen.

"Memang ada sedikit pembatasan, namun itu tidak akan mengganggu aktivitas ekonomi masyarakat," ujar Halim, Rabu (9/3/2022). 

1. Objek wisata dan kegiatan ekonomi masyarakat tetap berjalan

PPKM Level 4, Pemkab Bantul Tetap Buka Semua Tempat Wisata Pedagang ikan laut di pasar ikan Pantai Depok. IDN Times/Daruwaskita

Keputusan tersebut menurut Halim mengantisipasi terjadi inflasi yang tinggi, apalagi saat ini terjadi kenaikan harga di sejumlah komoditas. Untuk itu pemkab mengambil keputusan bahwa aktivitas ekonomi harus berjalan.

"Kalau kegiatan ekonomi diperketat, dampaknya maka akan terjadi inflasi yang terus naik dan itu harus dicegah,"terangnya.

Baca Juga: Agrowisata Baru di Bantul, Wisatawan Bisa Petik Jeruk Sendiri

2. Level PPKM Naik, beberapa pembatalan grup wisata terjadi

PPKM Level 4, Pemkab Bantul Tetap Buka Semua Tempat Wisata Kepala Dinas Pariwisata Pemkab Bantul, Kwintarto Heru Prabawa.(IDN Times/Daruwaskita)

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Kwintarto Heru Prabowo mengatakan beberapa kunjungan wisata yang datang secara berkelompok telah membatalkan kunjungan seiring pemberlakukan PPKM level 4 di DIY. Antara lain, wisata yang dilakukan oleh sekolah. 

"Ada beberapa reservasi yang dibatalkan, karena pihak sekolah tidak mengizinkan muridnya berwisata akibat kenaikan level PPKM," ucapnya.‎

 

3. Pembatasan jumlah kunjungan tak akan berpengaruh

PPKM Level 4, Pemkab Bantul Tetap Buka Semua Tempat Wisata Petugas PAM Terpadu Pantai Parangtritis ingatkan wisatawan agar menggunakan masker.(IDN Times/Daruwaskita)

Walau terjadi beberapa pembatalan, Pemkab Bantul yakin pembatasan jumlah kunjungan tidak akan berdampak secara signifikan terhadap kunjungan wisatawan di Pantai Parangtritis atau pantai lainnya di Bantul. 

"Misalnya objek wisata pantai dengan luasan 6 ribu hektare mau berapa kuotanya? Kalau dihitung 25 persen saja bisa ratusan ribu pengunjungnya, padahal pengunjung yang datang tak sampai 25 persen dari kapasitas," ujarnya.

 

 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya