Jelang Misa Kamis Putih, Satbrimob Polda Sterilisasi Gereja di Bantul

Memastikan umat kristiani beribadat secara aman dan damai

Bantul, IDN Times - Satuan Brimob Polda DIY melakukan sterilisasi gereja di Kabupaten Bantul pada Kamis (1/4/2021) menjelang perayaan ibadah Kamis Putih.

Salah satu gereja di Bantul yang menjadi sasaran sterilisasi adalah Gereja Hati Kudus Tuhan Yesus (HKTY) Ganjuran yang merupakan gereja tertua dan memiliki umat katolik terbanyak di Bumi Projotamansari.

Baca Juga: Jelang Ibadah Kamis Putih, Gereja Mulai Disemprot Disinfektan 

1. Satuan Brimob Polda DIY kerahkan tiga unit untuk strerilisasi gereja di DIY

Jelang Misa Kamis Putih, Satbrimob Polda Sterilisasi Gereja di BantulSatBrimob Polda DIY sterilisasi Gereja HKTY Ganjuran jelang misa Kamis Putih. IDN Times/Daruwaskita

Wadanden Gegana Satbrimob Polda DIY, AKP Suripto mengatakan, sebanyak delapan personel diturunkan untuk sterilisasi gereja menggunakan alat deteksi.

"Hari ini secara serentak dilakukan sterilisasi gereja yang akan menggelar ibadah secara luring di DIY. Kita mengerahkan tiga tim, yang terbagi Sleman, Kota Yogyakarta, dan Bantul plus Kulon Progo. Satu unit (tim) ada delapan personil," ujarnya, Kamis (1/4/2021).

"Saat ini yang digunakan masih peralatan deteksi, meskipun kami juga membawa alat yang lain. Tetapi yang digunakan alat deteksi dulu, karena masih proses mencari," tambahnya lagi.

2. Ingin memastikan objek-objek di gereja steril

Jelang Misa Kamis Putih, Satbrimob Polda Sterilisasi Gereja di BantulTempat ziarah Candi HKTY Ganjuran. IDN Times/Daruwaskita

Menurutnya seluruh titik di gereja menjadi sasaran sterilisasi, mulai dari kursi umat, altar, hingga ruang doa. Tak terkecuali Candi Hati Kudus Tuhan Yesus yang berada di sisi timur gereja juga menjadi sasaran sterilisasi. 

"Kita ingin memastikan lingkungan gereja aman. Sehingga umat Kristiani bisa beribadah dengan aman dan lancar. Kami ingin memastikan objek-objek yang ada di gereja steril dari benda atau barang yang mengandung bahan peledak atau bom," ucapnya.

3. Di Bantul ada empat gereja yang disterilisasi

Jelang Misa Kamis Putih, Satbrimob Polda Sterilisasi Gereja di BantulSatBrimob Polda DIY sterilisasi Gereja HKTY Ganjuran jelang misa Kamis Putih. IDN Times/Daruwaskita

Lebih jauh, AKP Suripto mengatakan terdapat empat gereja di Kabupaten Bantul yang menjadi sasaran sterilisasi. Empat gereja tersebut menjadi prioritas karena mengadakan ibadah secara luring dan memiliki umat yang banyak. 

"Ada empat gereja prioritas di Bantul. Tadi kami sudah ke Pringolayan, Banguntapan, kemudian Ganjuran, Bambanglipuro. Dan gereja lainnya nanti kami koordinasi dengan Polres Bantul. Kami tidak menemukan benda yang berkaitan dengan unsur bom dan bahan peledak. Gereja kami nyatakan aman," tandasnya.

Baca Juga: Pasca Bom Makassar, Polres Bantul Tingkatkan Keamanan Gereja

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya