Jelang Ibadah Kamis Putih, Gereja Mulai Disemprot Disinfektan 

Polda DIY ingin ibadah berjalan aman namun juga sehat

Bantul, IDN Times - Jelang misa Tri Hari Suci umat Kristiani yaitu Kamis Putih, Jumat Agung dan Sabtu atau Minggu Paskah, mulai hari ini sejumlah gereja di Bantul mulai disemprot disinfektan, Rabu (31/3/2021). Kegiatan penyemprotan dilakukan untuk mengantisipasi penularan COVID-19.

Desinfeksi dilakukan di Gereja HKTY Ganjuran, Gereja Santo Yakobus Klodran, Gereja Salib Suci Gunung Sempu dan Gereja Santo Paulus Pringgolayan.

Tim juga melakukan juga melakukan sterilisasi benda mencurigakan yang dilakukan oleh jajaran Gegana Sat BrimopPoldaDIY.

1. Sejumlah gereja di Bantul yang menggelar misa Tri Hari Suci secara luring dilakukan penyemprotan

Jelang Ibadah Kamis Putih, Gereja Mulai Disemprot Disinfektan Sekretariat Gugus Tugas COVID-19 Gereja HKTY Ganjuran. IDN Times/Daruwaskita

Komandan tim desinfeksi gereja-gereja untuk wilayah Bantul dari Satuan Brimop Polda DIY, Aiptu Hartoyo mengatakan desinfeksi dengan menyemprotkan cairan desinfektan merupakan kegiatan serentak di wilayah kabupaten-kota di DIY .

"Kebetulan untuk tim kita mendapatkan giliran untuk penyemprotan desinfektan di Kabupaten Bantul," ujarnya saat ditemui di Gereja HKTY Ganjuran, Rabu (31/3/2021).

 

Baca Juga: Pemudik Diperbolehkan Ikut Misa Tri Hari Suci di Gereja Ganjuran 

2. Tempat dan benda yang sering disentuh jadi sasaran

Jelang Ibadah Kamis Putih, Gereja Mulai Disemprot Disinfektan Personil dari Sat Brimop Polda DIY semprotkam cairan desinfektan di lingkungan gereja. IDN Times/Daruwaskita

Penyemprotan menyasar tempat yang banyak dijamah umat, mulai dari pintu masuk, sejumlah barang atau benda di sekitar gereja hingga toilet. 

"Ya kita koordinasi dengan panitia dari gereja terkait tempat-tempat mana saja yang akan kita semprot cairan desinfektan," tuturnya.

3. Usai misa panitia gereja lakukan desinfeksi lingkungan gereja

Jelang Ibadah Kamis Putih, Gereja Mulai Disemprot Disinfektan Personil dari Sat Brimop Polda DIY semprotkam cairan desinfektan di lingkungan gereja. IDN Times/Daruwaskita

Sementara Ketua Dewan Paroki Gereja HKTY Ganjuran, Ari Setiawan mengatakan untuk penyemprotan yang dilakukan Satuan Brimop Polda DIY, sengaja diarahkan hanya di wilayah luar gereja, sementara wilayah di dalam gereja dilakukan oleh internal gereja.

"Setiap usai misa, lingkungan di dalam gereja selalu dilakukan penyemprotan disinfektan," ujarnya.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya