Jadwal Yankes di RSUD dan Puskesmas Bantul saat Libur Lebaran

Dirikan pos kesehatan di destinasi wisata pantai

Bantul, IDN Times - ‎Menyambut libur Lebaran 2023, Dinas Kesehatan Bantul mendirikan dua pos kesehatan di Pantai Parangtritis dan Pantai Parangkusumo. Selain itu, RS PKU Muhammadiyah juga bakal mendirikan pos kesehatan di Bunderan Srandakan dan satu pos kesehatan yang ada di pantai barat Bantul di Kapanewon Sanden dan Srandakan.

1. Empat posko kesehatan didirikan pada H+Lebaran‎

Jadwal Yankes di RSUD dan Puskesmas Bantul saat Libur LebaranKepala Bidang Pelayanan Kesehatan (Yankes), Dinas Kesehatan Bantul Anugrah Wiendyasari.(baju merah).(IDN Times/Daruwaskita)

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan (Yankes) Dinas Kesehatan Bantul, Anugrah Wiendyasari, mengatakan pendirian pos kesehatan dilakukan setelah H+Lebaran ketika aktivitas masyarakat atau pemudik banyak digunakan untuk berwisata. Ada tiga pos kesehatan didirikan di objek wisata pantai dan satu pos kesehatan didirikan bersama pos pengamanan Lebaran di Bunderan Jalan Srandakan yang merupakan jalur utama mudik dan wisata di wilayah selatan Bantul.

"Setelah H+Lebaran banyak pemudik yang ingin berwisata sehingga kita dirikan pos kesehatan di wilayah objek wisata terutama objek wisata pantai yang paling banyak dikunjungi wisatawan," katanya, Sabtu (15/4/2023).

2. Layanan kesehatan di puskesmas selama libur dan cuti Lebaran‎

Jadwal Yankes di RSUD dan Puskesmas Bantul saat Libur LebaranIlustrasi layanan poliklinik.(IDN Times/Daruwaskita)

Selain mendirikan pos kesehatan, Dinas Kesehatan selama libur dan cuti Lebaran 2023 layanan kesehatan di puskesmas tetap buka. Puskesmas hanya libur saat tanggal merah saja yakni tanggal 22 dan 23 April.

"Selain tanggal 22 dan 23 April layanan kesehatan di puskesmas tetap buka. Meski tanggal khusus untuk layanan UGD dan rawat inap tetap buka," ungkapnya.

Baca Juga: RSUD Bantul Siapkan Bangsal Khusus Antisipasi Lonjakan Covid-19 

3. Layanan kesehatan di RSUD Saras Adiyatma selama libur dan cuti Lebaran‎

Jadwal Yankes di RSUD dan Puskesmas Bantul saat Libur LebaranKepala RSUD Saras Adiyatma, dr. Tarsisius Glory.(kanan).(IDN Times/Daruwaskita)

Sementara, Kepala RSUD Saras Adiyatma, dr. Tarsisius Glory, mengatakan selama libur dan cuti Lebaran, pihaknya tetap membuka layanan kesehatan yakni kasus gawat darurat, kamar bersalin hingga rawat inap, serta rawat inap isolasi untuk pasien COVID-19.

"Kami memiliki 50 tempat tidur jika memang nantinya ada lonjakan COVID-19 kami siap menambah jumlah tempat tidur yang ada. Saat ini kami siapkan lima tempat tidur isolasi untuk pasien COVID-19," ungkapnya.

"Karena kita dulu itu rumah sakit lapangan khusus COVID-19 kalau memang ada ledakan COVID-19 seluruh ruangan yang siap kita fungsikan untuk ruang isolasi," sambungnya.

4. Layanan kesehatan di RSUD Panembahan Senopati Bantul selama libur dan curi Lebaran

Jadwal Yankes di RSUD dan Puskesmas Bantul saat Libur LebaranDirektur RSUD Panembahan Senopati Bantul, dr. Atthobari.(tengah).(IDN Times/Daruwaskita)

Terpisah, Direktur RSUD Panembahan Senopati Bantul, dr. Atthobari, mengatakan selama libur dan cuti Lebaran tanggal 19-15 April 2023 dipastikan pelayanan poliklinik libur mulai tanggal 21-24 April 2023, pelayanan klinik hematologi dan onkologi juga tutup pada tanggal 21-24 April 2023 namun untuk layanan kemoterapi pasien rutin sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Pelayanan rehabilitasi medik (fisioterapi), terapi wicara dan okupasi terapi ditutup mulai tanggal 21-24 April dan buka lagi tanggal 25 April.

"Sementara untuk pelayanan IGD, pelayanan obstetri neonatal emergency komprehensif (PONEK) tetap buka 24 jam. Selain itu pelayanan pasien rawat inap, rawat intensif berjalan seperti biasanya. Pelayanan medik penunjang operasional 24 jam dan pelayanan penunjang medik operasional juga 24 jam," ucapnya.‎

Baca Juga: Cegah Kemacetan saat Lebaran, 5 Pos Didirikan di Tempat Wisata Bantul 

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya