Hilang 3 Hari, Sumardi Ditemukan Meninggal di Pantai Samas Bantul

Kendaraan korban ditemukan di Hutan Mangrove, Tirtohargo

Bantul, IDN Times - ‎Sesosok jenazah ditemukan di Pantai Samas, tepatnya di sisi barat muara sungai Opak pada Minggu (31/10/2021).

Berdasarkan hasil pemeriksaan Tim Inafis dari Polres Bantul, korban teridentifikasi sebagai Sumardi (22) warga Jetak-Jomblang, Kalurahan Mulyodadi, Kapanewon Bambanglipuro, Kabupaten Bantul.

Baca Juga: RX King Tabrak Pohon dan Terjun ke Sungai, Pengendara Tewas

1. Jenazah korban sempat terombang-ambing gelombang

Hilang 3 Hari, Sumardi Ditemukan Meninggal di Pantai Samas BantulEvakuasi jenazah Sumardi dari Pantai Samas oleh tim SAR gabungan. (dok. SAR Satlinmas Wilayah IV Bantul)

Koordinator Sar Satlinmas Wilayah IV Bantul, Dwi Rias Pamuji mengatakan penemuan mayat tersebut berawal ketika saksi Sutarto warga Padukuhan Karang, Kalurahan Tirtohargo, Kapanewon Kretek melihat benda mencurigakan terombang-ambing di tepi pantai di area palung. Setelah dipastikan benda tersebut adalah jenazah manusia saksi kemudian melaporkan kepada petugas Sar Satlinmas Wilayah IV yang sedang bertugas.

"Anggota tim sar gabungan selanjutnya menuju lokasi ditemukannya jenazah terombang-ambing gelombong dan mengevakuasi jenazah ke pantai sekitar pukul 11.30 WIB,"katanya, Minggu (31/10/2021).

2. Korban dipastikan warga Jetak-Jombang, Mulyodadi, Bambanglipuro‎

Hilang 3 Hari, Sumardi Ditemukan Meninggal di Pantai Samas BantulEvakuasi jenazah Sumardi dari Pantai Samas oleh tim SAR gabungan. (dok. SAR Satlinmas Wilayah IV Bantul)

Selanjutnya datang petugas dari Puskesmas Sanden dan Tim Inafis Polres Bantul untuk melakukan identifikasi lebih lanjut.

"Dengan alat MAMBIS (Mobile Automatic Multi Biometric Indentification System) akhirnya identitas korban diketahui bernama Sumardi (22) warga Jetak-Jomblang, Kalurahan Mulyodadi, Kapanewon Bambanglipuro," ungkapnya.

Petugas selanjutnya memberitahu pihak keluarga korban dan memastikan jenazah tersebut adalah kerabatnya yang pergi dari rumah sejak tiga hari yang lalu.

"Ada kendaraan milik korban yang diparkir di hutan Mangrove tak jauh dari korban ditemukan," ungkapnya.

3. Diduga korban sudah meninggal lebih dari dua hari‎

Hilang 3 Hari, Sumardi Ditemukan Meninggal di Pantai Samas BantulMobil ambulan yang akan membawa jenazah Sumardi ke rumah duka. (IDN Times/Daruwaskita)

Dwi mengatakan, melihat kondisi wajah, tangan, kaki mengelupas, luka berlubang bagian perut yang kemungkinan dimakan ikan, korban diperkirakan sudah meninggal lebih dari dua hari.

"Keluarga tadi sempat melihat celana jins dari korban dan percaya bahwa korban tak lain adalah Sumardi yang dikabarkan tidak pulang rumah selama tiga hari. Ditambah sepeda motor milik korban juga ditemukan," ungkapnya.

Pihaknya saat ini masih menunggu keputusan dari keluarga apakah jenazah akan dipulangkan langsung ke rumah untuk dimandikan dan dikubur atau dibawa ke RS Bhayangkara Polda DIY guna dimandikan dan dikirim ke rumah duka untuk dimakamkan.

"Tapi kemungkinan keluarga minta jenazah langsung dibawa pulang karena melihat kondisi jenazah yang lebih baik segera untuk dimakamkan," terangnya.‎

Baca Juga: Jenazah Perempuan di Pantai Depok Diduga Dibunuh Pacar Gelapnya

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya