Siap-siap, Harga Tiket Masuk Pantai Selatan Bantul Segera Naik

Tiket masuk ke pantai di Gunungkidul sudah naik

Bantul, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Bantul akan menaikkan tarif retribusi masuk objek wisata yang dikelolanya, termasuk wisata pantai selatan Bantul. Sebelumnya, Pemkab Gunungkidul juga sudah menaikkan tiket retribusi masuk objek wisata mulai tanggal 1 Januari 2024.

1. Daerah lain telah menyesuaikan harga tiket retribusi masuk objek wisata

Siap-siap, Harga Tiket Masuk Pantai Selatan Bantul Segera NaikBupati Bantul, Abdul Halim Muslih. (IDN Times/Daruwaskita)

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, mengatakan wacana kenaikan tiket retribusi objek wisata pantai selatan Bantul dari Rp10 ribu menjadi Rp15 ribu bakal segera direalisasikan. Hal ini mengingat daerah lain juga melakukan penyesuaian tarif retribusi objek wisata.

"Tarif retribusi yang ada saat ini sudah berlangsung cukup lama. Padahal daerah lain sudah menaikkan tiket retribusi masuk objek wisata," ujarnya, Selasa (2/1/2024).

Meski tiket retribusi masuk objek wisata dipastikan naik tahun ini, Halim mengaku belum memastikan kapan kenaikan tersebut resmi diberlakukan. 

"Saat ini kan masyarakat sudah pulih dari pandemik COVID-19 sehingga ketika tiket retribusi dinaikkan tidak akan ada dampaknya. Apalagi daerah lain lebih dahulu melakukan penyesuaian tiket retribusi masuk objek wisata," ucapnya.

"Kita juga ingin pendapatan asli daerah (PAD) Bantul dari sektor pariwisata juga naik. Selain itu ekonomi masyarakat juga turut bergerak naik," tambah dia.

2. Dispar siapkan aturan terkait kenaikan harga tiket retribusi masuk objek wisata

Siap-siap, Harga Tiket Masuk Pantai Selatan Bantul Segera NaikKepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Kwintarto Heru Prabowo.(IDN Times/Daruwaskita)

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Kwintarto Heru Prabowo, mengatakan pihaknya saat ini tengah menyiapkan aturan terkait penyesuaian tiket retribusi masuk objek wisata yang kemungkinan akan diberlakukan pada triwulan kedua tahun 2024 ini.

"Ya triwulan kedua tahun 2024 penyesuaian tiket retribusi masuk objek wisata akan kita terapkan," ucapnya.

Baca Juga: Wisata Bantul Diserbu Wisatawan, 178 Ribu Orang Piknik saat Nataru

3. Satu tiket berlaku untuk seluruh objek wisata pansela

Siap-siap, Harga Tiket Masuk Pantai Selatan Bantul Segera NaikPenarikan retribusi di TPR Samas. (IDN Times/Daruwaskita)

Dengan kenaikan tarif tiket retribusi masuk objek wisata dari Rp10 ribu menjadi Rp15 ribu maka satu tiket akan berlaku untuk seluruh objek wisata pansela. Apalagi saat ini Jembatan Kretek II sudah beroperasi.

"Jadi nantinya wisatawan yang berkunjung di Pantai Parangtritis kemudian berkunjung pantai lainnya di Bantul hanya satu kali membayar tiket retribusi masuk objek wisata," ujarnya. 
 

Baca Juga: Warga Bantul Diimbau Tak Nyalakan Petasan saat Rayakan Tahun Baru

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya