Wisata Bantul Diserbu Wisatawan, 178 Ribu Orang Piknik saat Nataru

Target PAD tahunan sulit terealisir

Bantul, IDN Times - Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul mencatat kunjungan wisatawan selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), mulai 22 - 30 Desember, mencapai 178.566 orang. Jumlah ini memberi pemasukan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp1,7 miliar.

1. Target kunjungan wisata Nataru tercapai

Wisata Bantul Diserbu Wisatawan, 178 Ribu Orang Piknik saat NataruTPR Induk Pantai Parangtritis.(IDN Times/Daruwaskita)

Kasi Promosi dan Layanan Informasi, Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Markus Purnomo Adi mengatakan, pihaknya menargetkan kunjungan wisatawan selama libur Nataru mulai tanggal 22 Desember 2023 hingga 1 Januari 2024 mencapai 150 ribu wisatawan, dengan jumlah PAD antara Rp1,2 hingga Rp1,5 miliar. "

"Artinya dengan kunjungan sebelum tanggal 1 Januari 2024 telah menyentuh 187.963 wisatawan, maka target kunjungan wisatawan selama Nataru sudah terlampaui jauh," ujarnya. 

Pihaknya optimis jumlah kunjungan wisatawan selama Nataru lebih dari 200 ribu wisatawan. "Hitungan saya menjelang pergantian tahun baru nanti, jumlah pengunjung ke objek wisata yang dikelola pemerintah sudah mencapai 200 ribu wisatawan bahkan bisa lebih," ungkapnya.

2. Target PAD tahunan sulit terealisir

Wisata Bantul Diserbu Wisatawan, 178 Ribu Orang Piknik saat NataruKunjungan wisatawan ke Pantai Parangtritis Bantul.(IDN Times/Daruwaskita)

Namun menurut Ipung, untuk mencapai target PAD tahun 2023 sebesar Rp26,5 miliar, masih sulit terealisasi dan dibutuhkan kunjungan wisatawan hampir 300 ribu. 

"Ya kalau dalam satu hari maksimal saya perkirakan hanya sekitar 25 ribu wisatawan. Padahal sampai tanggal 30 Desember 2023 total pengunjung baru mencapai 187.963 orang," tandasnya.

Baca Juga: Warga Bantul Diimbau Tak Nyalakan Petasan saat Rayakan Tahun Baru

3. Rekayasa jalan menuju Pantai Parangtritis

Wisata Bantul Diserbu Wisatawan, 178 Ribu Orang Piknik saat NataruTPR darurat di Pantai Baru.(IDN Times/Daruwaskita)

Ipung mengatakan, untuk mencegah antrian panjang Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) utama Pantai Parangtritis akan dibuka empat loket. Jalan menuju Pantai Parangtritis akan direkayasa satu jalur, sedangkan jalur keluar pantai diarahkan melalui Jembatan Kretek 2.

"Sejumlah jalan tikus menuju objek wisata pantai selatan akan dijaga oleh petugas untuk memaksimalkan pendapatan saat malam tahun," pungkasnya. 

Baca Juga: 14 Tempat di Jogja Adakan Pesta Kembang Api, Seru! 

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Jurnalis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya