Warga Bantul Diimbau Tak Nyalakan Petasan saat Rayakan Tahun Baru

Tak perlu melakukan konvoi sepeda motor

Bantul, IDN Times - Polres Bantul meminta masyarakat yang akan merayakan malam pergantian tahun baru untuk tidak menyalakan petasan. Hanya, warga masih diperbolehkan menyalakan kembang api.

1. Nyalakan petasan berbahaya

Warga Bantul Diimbau Tak Nyalakan Petasan saat Rayakan Tahun BaruKasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry.(Dok.Polres Bantul))

Kasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana, mengatakan masyarakat diingatkan untuk tidak menyalakan petasan saat pergantian tahun karena dapat membahayakan diri sendiri maupun orang lain.

"Kami ingatkan jangan menyalakan petasan, karena ini berbahaya," ungkapnya, Sabtu (30/12/2023).

2. Tak perlu melakukan konvoi

Warga Bantul Diimbau Tak Nyalakan Petasan saat Rayakan Tahun Baruilustrasi tahun baru (IDN Times/Aditya Pratama)

Selain itu, lanjut Jeffry, masyarakat juga diimbau untuk tidak menggunakan kembang api saat pergantian tahun secara berlebihan yang mengancam keselamatan jiwa atau bisa menyebabkan kebakaran. "Kami ingatkan kembang api tidak digunakan apalagi berlebihan, karena ini berbahaya," ujar dia.

Kepolisian juga meminta warga Bantul untuk tidak melakukan konvoi saat malam pergantian tahun. Hal itu demi menjaga kondusivitas keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) dalam menyambut Tahun Baru 2024.

"Yang perlu kami imbau dalam hal ini, tentu bersama-sama kita menjaga situasi kamtibmas dengan baik dan juga karena ruas jalan adanya car free night, juga tidak untuk dilakukan konvoi atau arak-arakan ya," jelas dia.

Menurut Jeffry, konvoi akan mengganggu aktivitas warga lainnya serta berpotensi menimbulkan gesekan yang berujung konflik antar warga. "Maka harapannya saling jaga kondusivitas, tidak konvoi, kemudian tidak arak-arakan dan kemudian juga hindari perbuatan-perbuatan yang memang dapat menimbulkan potensi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat," ungkapnya.

Baca Juga: 14 Tempat di Jogja Adakan Pesta Kembang Api, Seru! 

3. Pastikan rumah aman saat ditinggal pergi

Warga Bantul Diimbau Tak Nyalakan Petasan saat Rayakan Tahun BaruIlustrasi Maling (IDN Times/Mardya Shakti)

Jeffry juga mengingatkan warga agar memastikan kondisi rumah aman saat ditinggal merayakan malam pergantian tahun baru.

"Kita mengingatkan kepada masyarakat, bahwa rawan terjadinya pencurian di rumah kosong. Untuk itu warga sebaiknya mengecek kembali kondisi keamanan rumah tersebut," ujar dia.

Polres Bantul juga mengimbau warga agar menggelar kegiatan di daerahnya sendiri untuk mengurangi kemacetan lalu lintas. "Kita imbau masyarakat yang tidak berkepentingan untuk tidak ke luar rumah ya, hindari jalan-jalan protokol. Buat kegiatan sendiri bersama keluarga," ungkapnya.

Baca Juga: Pengunjung Rayakan Tahun Baru di Kawasan Malioboro Bakal Dibatasi

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Jurnalis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya