Bantul Targetkan Raih Kabupaten Layak Anak Paripurna pada 2025

Persyaratan raih KLA kategori paripurna sangat banyak

Bantul, IDN Times - Kabupaten Bantul mendapatkan penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) kategori utama pada bulan Juli 2023. Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, menargetkan Bantul meraih KLA kategori paripurna pada tahun 2025. Hingga saat ini, belum ada kabupaten/kota di Indonesia yang meraih KLA kategori paripurna.

"Target kita Bantul raih KLA kategori paripurna paling lambat tahun 2025 yang akan datang," katanya di sela-sela acara Puncak Peringatan Hari Anak Nasional ke-39 Tahun 2023 Kabupaten Bantul, Minggu (30/7/2023).

1. Baru ada lima kabupaten/kota yang meraih KLA kategori utama

Bantul Targetkan Raih Kabupaten Layak Anak Paripurna pada 2025Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih. (IDN Times/Daruwaskita)

Menurutnya hingga saat ini kabupaten/kota yang meraih KLA kategori utama hanya lima kabupaten di seluruh Indonesia. Salah satunya adalah Kabupaten Bantul.

"Hanya lima kabupaten/kota yang meraih KLA kategori paripurna," tandasnya.

2. Syarat-syarat untuk memperoleh KLA kategori paripurna

Bantul Targetkan Raih Kabupaten Layak Anak Paripurna pada 2025Ilustrasi sekolah. (IDN Times/Masdalena Napitupulu)

Halim mengungkapkan, untuk mencapai KLA kategori paripurna tidak mudah, karena banyak syarat yang harus dipenuhi. Di antaranya seluruh sekolah harus ramah anak, artinya anak tidak boleh tersakiti baik secara fisik maupun psikis. Tidak boleh anak bullying dari teman sendiri sehingga tidaklah sederhana.

"Bullying terhadap anak-anak kehilangan harapan, pesimis akhirnya tidak bisa berkembang secara optimal," ujarnya.

KLA kategori paripurna juga mensyaratkan lingkungan hidup yang sehat, sehingga Bantul Bersama (bersih sampah) tahun 2025 sangat mendukung Bantul sebagai KLA kategori paripurna.

"Kita harus mengatur sampah sampai level RT bahkan rumah tangga demi Bantul sebagai KLA kategori paripurna," ucapnya. "Kenapa kita gelontorkan anggaran Rp50 juta per padukuhan? Agar menciptakan lingkungan pada anak tinggal secara sehat."

Selain itu, ada pula syarat akses air bersih bagi anak-anak. Masih ada di beberapa desa yang kekurangan air bersih. KLA kategori paripurna juga mensyaratkan layanan kesehatan yang ramah anak sehingga puskesmas-puskesmas perlu menyiapkan fasilitas untuk anak.

"Masih ada syarat tempat-tempat untuk bermain, kantor-kantor harus ramah anak. Tidak boleh ada bangunan yang membahayakan anak. Jadi betapa panjangnya persyaratan KLA kategori paripurna. Wong kabupaten/kota yang meraih KLA kategori utama baru lima saja di Indonesia," ucapnya.

Baca Juga: Dana Sampah Padukuhan Bantul Tak Cukup, Warga Buat Lubang Tanah    

3. Bantul KLA kategori paripurna masuk misi pemkab

Bantul Targetkan Raih Kabupaten Layak Anak Paripurna pada 2025Pemberian penghargaan bagi pihak-pihak yang memberikan keramahan kepada anak-anak di Bantul.(IDN Times/Daruwaskita)

Lebih lanjut, Halim mengatakan KLA masuk dalam misi kelima pemerintah kabupaten Bantul saat ini, yakni penanggulangan masalah sosial seperti memberikan perlindungan kepada anak dan penyandang difabel. Oleh karenanya, dipastikan nantinya ada program-program yang akan dilaksanakan oleh Organisasi Perangkat Daerah yang punya kaitan dengan anak demi mewujudkan Bantul KLA kategori paripurna.

"Kita butuh kerja bareng dari semua pihak untuk mewujudkan Bantul meraih KLA kategori paripurna. Itu ndak gampang," tandasnya.

Baca Juga: Bantul Raih Kategori Utama Penganugerahan Kabupaten Layak Anak 2023 

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya