Awal Januari 2023, Ada Belasan Kasus Pencurian di Bantul

Empat di antaranya adalah kasus curanmor

Bantul, IDN Times - Tren gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), terutama kasus pencurian pada awal tahun baru 2023 mengalami kenaikan. Kapolres Bantul, AKBP Ihsan, melalui Kasi Humas Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana, menjelaskan terjadi belasan kasus pencurian pada pekan pertama Januari 2022.

1. Terjadi 16 pencurian dari tanggal 1-5 Januari

Awal Januari 2023, Ada Belasan Kasus Pencurian di BantulKasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry. (Dok. Polres Bantul)

Kasus pencurian yang terjadi di antaranya curanmor, kasus pencurian yang menyasar rumah kosong, kos-kosan, dan ruko juga acap kali terjadi. “Total ada 16 kasus pencurian yang terjadi dalam kurun tanggal 1 hingga 5 Januari,” kata Jeffry, Jumat (6/1/2023).

Dijelaskan, dari 16 kasus pencurian tersebut, terdapat kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor) roda dua. Kasus curanmor yang terakhir terjadi ada di wilayah Kapanewon Piyungan, yang dilaporkan pada tanggal 5 Januari kemarin. Korban bernama Sulistiyono (40), harus kehilangan sepeda motor Honda Beat miliknya yang diparkir di depan rumahnya.

Baca Juga: Mahasiswi Asal Kalimantan Barat Ditemukan Meninggal di Kamar Kos 

2. Imbau pemilik tak lupa mengunci stang sepeda motor

Awal Januari 2023, Ada Belasan Kasus Pencurian di BantulIlustrasi motor custom (IDN Times/Dwi Agustiar)

Kepada masyarakat, Jeffry mengimbau agar tetap waspada dan menjaga barang-barang berharga.

“Seringkali hilangnya barang dikarenakan kelalaian korban yang kurang menjaga barang berharga miliknya. Seperti motor yang ditinggal dalam kondisi tidak dikunci ganda atau handphone yang tertinggal di dashboard motor, atau juga membiarkan kamar kos dalam keadaan tidak terkunci saat meninggalkan atau saat pemilik tidur,” jelasnya.

Pasalnya, di mana ada niat dan kesempatan, akan ada tindak kejahatan yang dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggungjawab. "Silakan pasang kunci ganda, bila perlu yang ada alarmnya untuk menghambat maling. Parkir di tempat aman dan mudah terpantau," ujar Jeffry.

3. Upaya polisi menekan angka pencurian di Bantul

Awal Januari 2023, Ada Belasan Kasus Pencurian di BantulIlustrasi pencurian (IDN Times/Mardya Shakti)

Maraknya kasus pencurian membuat Polres Bantul harus bekerja keras. Pihak kepolisian telah melakukan langkah-langkah untuk menekan tingginya angka kasus pencurian. Salah satunya dengan mengintensifkan patroli dan memetakan daerah yang dinilai rawan pencurian.

"Patroli keliling terus kita intensifkan untuk meminimalisir terulangnya kejadian serupa," papar Jeffry.

Jajaran juga diperintahkan agar mengaktifkan Kring Serse, yaitu dengan melakukan langkah pencegahan dan antisipasi kepolisian terhadap tindak kejahatan.

“Kami juga membuat stiker dan spanduk berisi imbauan agar masrarakat lebih waspada terhadap barang berharga miliknya,” imbaunya.

Masyarakat juga dapat berpartisipasi menjaga kemanan dengan melakukan Siskamling di lingkungan masing-masing.

“Aktifkan kembali kegiatan ronda malam di lingkungan masing-masing,” tutupnya.

Baca Juga: Bupati Bantul Lantik Agus Budi Raharja sebagai Sekda

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya