Bupati Bantul Lantik Agus Budi Raharja sebagai Sekda

Agus Budi Raharja ingin memberikan pengabdian yang lebih

Bantul, IDN Times - ‎Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih melantik Agus Budi Raharja sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bantul menggantikan Helmi Jamharis yang pensiun pada 31 Desember 2022 yang lalu. Agus Budi sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan Bantul.

Halim berkelakar dirinya harus "bersemedi" cukup lama untuk memilih Agus Budi sebagai Sekda Bantul, mengingat dua kandidat lainnya juga tak kalah bagusnya.

1. Tiga kandidat Sekda Bantul semua bagus‎

Bupati Bantul Lantik Agus Budi Raharja sebagai SekdaBupati Bantul Abdul Halim Muslih. (IDN Times/Daruwaskita)

Usai pelantikan, Halim mengatakan sebelum Agus Budi ditetapkan sebagai Sekda Bantul, dilakukan asesmen terhadap para kandidat sekda oleh tim dari Kabupaten Bantul maupun tim dari Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Jadi dua kali asesmennya yakni tingkat kabupaten dan di tingkat Pemda DIY oleh tim asesmen yang dibentuk oleh Gubernur DIY. Hasilnya ketiga kandidat Sekda Bantul itu bagus semua dan memenuhi syarat semua," katanya, Jumat (6/1/2023).

Baca Juga: Brajamusti Ikut Tolak Arema Berkandang di Stadion Sultan Agung Bantul

2. Bersemedi sebelum memilih Agus Budi Raharja sebagai Sekda Bantul‎

Bupati Bantul Lantik Agus Budi Raharja sebagai SekdaPelantikan Sekda Bantul. (IDN Times/Daruwaskita)

Hasil asesmen dari Pemda DIY kemudian dikirim ke Pemkab Bantul. Dari hasil tersebut, akhirnya ditunjuk Agus Budi Raharja yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan Bantul.

"Ada pertimbangan memilih Pak Agus ini sebagai Sekda diantaranya dari sisi kapabilitas, kemampuan komunikasinya, motifasi untuk mengembangkan diri dan masih banyak lainnya. Ya dengan semedi cukup lama akhirnya saya memilih Pak Agus Budi Raharja sebagai Sekda," kata Halim sambil tersenyum.‎

Halim menegaskan ada sejumlah pekerjaan rumah yang harus diselesaikan Sekda Bantul yang baru. Di antaranya menuntaskan Bantul Bersama tahun 2024, menghapuskan kemiskinan ekstrem tahun 2024, mencapai Bantul Kabupaten Layak Anak pada tahun 2024, hingga menuntaskan angka stunting.

"Nah prestasi Bantul adalah menurunkan angka kemiskinan sebesar yakni 1,77 persen dari sebelumnya 14,04 persen kini tinggal 12,27. Ini terbesar dalam sejarah menurunkan kemiskinan di Bantul dan tren ini harus dijaga oleh Sekda. Selain itu juga mewujudkan Bantul sebagai kota kreatif," tandasnya.‎

3. Sekda Bantul diharapkan bisa bersinergi dengan DPRD Bantul

Bupati Bantul Lantik Agus Budi Raharja sebagai SekdaKetua DPRD Bantul, Hanung Raharjo.(IDN Times/Daruwaskita)

Ketua DPRD Bantul, Hanung Raharjo, mengucapkan selama atas terpilihnya Agus Budi Raharja sebagai Sekda Kabupaten Bantul. Ia berharap sekda yang baru bisa membantu tugas bupati dan wakil bupati untuk mewujudkan visi dan misinya dan juga dalam menjalankan roda pemerintah.

"Penting juga Sekda Bantul terlantik ke depan bisa bersinergi dengan DPRD Bantul dalam berbagai program agar masyarakat Bantul lebih sejahtera," ujar politisi PDI Perjuangan ini.

4. Agus Budi Raharja ingin mengabdi yang lebih ketika menjadi Sekda Bantul‎

Bupati Bantul Lantik Agus Budi Raharja sebagai SekdaSekda Bantul, Agus Budi Raharja. (IDN Times/Daruwaskita)

Sementara, Sekda Bantul, Agus Budi Raharja, mengatakan harapannya setelah menjadi sekda hanya satu, yakni bisa mendedikasikan diri lebih dari yang sebelumnya.

"Kalau memang bupati dan berbagai pihak menilai saya mampu, mengapa kita tidak lebih untuk mengabdikan diri dengan pengabdian yang lebih. Berkontribusi membangun Bantul. Cita-cita saya hanya itu, yakni lebih bisa mengabdi sesuai dengan kemampuan yang saya miliki," ujar pria yang disapa akrab Gus Bud ini.

Setelah dilantik menjadi Sekda, Gus Bud mengatakan akan langsung tancap gas karena banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan termasuk membuat grand desain untuk tahun 2024 yang akan dilakukan di awal tahun 2024 ini.

"Kita akan me-review berbagai kebijakan untuk membuat grand desain di tahun 2024 dan tahun-tahun selanjutnya," katanya.

"Kita akan melihat pencapaian yang sudah sesuai target, kemudian menganalisis ada kekurangan sebelumnya perlu harus segera ditingkatkan dan mengidentifikasi untuk percepatan-percepatan," tambahnya lagi.‎

Baca Juga: Komisi B DPRD Bantul Minta Target Pendapatan Wisata 2023 Ditambah

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya