3 Pelajar MTS Terseret Ombak di Pantai Parangtritis, 1 Hilang

Dua pelajar lainnya berhasil diselamatkan petugas SAR

Bantul, IDN Times - MF (14), pelajar MTS Muhammadiyah Surakarta, Jawa Tengah, terseret gelombang Pantai Parangtritis dan hilang tenggelam pada Kamis (7/12/2023) sekitar pukul 10.00 WIB.

Sementara itu dua orang teman korban, yakni ASA (14) dan MADI (14), berhasil diselamatkan oleh petugas SAR Satlinmas Wilayah III Kabupaten Bantul.

1. Korban bersama temannya bermain air di daerah palung

3 Pelajar MTS Terseret Ombak di Pantai Parangtritis, 1 HilangKoordinator SAR Satlinmas Wilayah III, Kabupaten Bantul, Muhammad Arief Nugraha.(IDN Times/Daruwaskita)

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah III Bantul, Muhammad Arief Nugraha, mengatakan laka laut yang menimpa tiga pelajar MTS Muhamadiyah Surakarta tersebut berawal saat rombongan korban tiba di Pantai Parangtritis sekitar pukul 09.30 WIB. Rombongan tersebut terdiri dari 43 siswa dan 15 pendamping.

Selanjutnya, rombongan itu melakukan foto bersama bergiliran mulai siswa putra kemudian dan siswi putri pada pukul 09.45 WIB. Saat siswa putra selesai berfoto, beberapa siswa putra kemudian bermain air terlalu ke tengah di kawasan palung dan terseret arus.

"Petugas SAR Satlinmas mengejar korban dengan cara berenang dan berhasil menyelamatkan korban ASA dan MADI," ujarnya, Kamis (7/12/2023).

2. Tim penolong tak bisa menjangkau korban

3 Pelajar MTS Terseret Ombak di Pantai Parangtritis, 1 HilangTim SAR menebar jaring gadog untuk mencari keberadaan korban.(Dok.SAR Satlinmas Wilayah III Bantul)

Sementara itu korban AMA yang diketahui warga Sampang, Madura, Jawa Timur, tidak bisa dijangkau oleh tim penolong sehingga hilang dan tenggelam di laut.

"Saat ini petugas dari SAR Satlinmas masih melakukan pencarian korban dengan penyisiran menggunakan papan surfing, menebar jaring gadog namun juga belum ditemukan keberadaan korban," ujarnya.

Baca Juga: Rip Current, Arus Tarik Mematikan yang Ada di Pantai Selatan Jogja

3. Berkoordinasi dengan pihak lain untuk proses pencarian

3 Pelajar MTS Terseret Ombak di Pantai Parangtritis, 1 HilangPetugas SAR berkoordinasi dalam proses pencarian korban.(Dok.SAR Satlinmas Wilayah III Bantul)

Lebih lanjut, Arief mengatakan saat ini pihaknya terus berkoordinasi dengan pihak terkait termasuk dari pihak pendamping siswa yang masih menunggu di Pos SAR Pantai Parangtritis untuk menunggu proses pencarian korban.

"Pihak dari sekolah juga telah menghubungi pihak dari keluarga korban," ucapnya.

Baca Juga: SAR Pantai Parangtritis Tak Bisa Larang Wisatawan Main Air

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya