Comscore Tracker

174 Ribu Wisatawan Serbu Gunungkidul Saat Libur Lebaran

Kunjungan wisatawan melampaui target dari Dinas Pariwisata

Gunungkidul, IDN Times - ‎Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Gunungkidul menyebut kunjungan wisatawan saat libur Lebaran 2022 mencapai 174 ribu orang pada Jumat (6/5/2022). Jumlah ini melampaui target yang ditentukan Dispar yakni sebanyak 154.403 orang.

Baca Juga: Dispar Gunungkidul Optimistis Capai Target 154 Ribu Pengunjung

1. Sejak libur Lebaran hingga Jumat (6/5/2022) kunjungan wisatawan capai 176.982 wisatawan‎

174 Ribu Wisatawan Serbu Gunungkidul Saat Libur LebaranTempat Penarikan Retribusi (TPR) objek wisata pantai di Gunungkidul. (Dok. Diskominfo Gunungkidul)

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Muhammad Arif Aldian, mengatakan kunjungan wisatawan sejak Jumat (29/4/2022) hingga Jumat (6/5/2022) mencapai 176.982 wisatawan yang artinya sudah melebihi dari target yang telah ditentukan.

"Alhamdulilah jumlah kunjungan wisatawan ke Gunungkidul sudah melebihi target yang kita patok selama libur Lebaran ini," katanya, Sabtu (7/5/2022).

2. Objek wisata pantai masih jadi tempat favorit wisatawan untuk dikunjungi‎

174 Ribu Wisatawan Serbu Gunungkidul Saat Libur LebaranPantai Kukup Gunungkidul. (IDN Times/Paulus Risang)

Menurut Aldian, dari 176.982 orang yang berkunjung ke objek wisata di Gunungkidul, destinasi pantai masih menjadi tempat yang paling favorit dikunjungi wisatawan dan menyusul sejumlah objek wisata alam lainnya.

"Puncak kunjungan wisatawan sendiri terjadi pada hari Kamis (5/5/2022) yang mencapai 59.244 orang dan pada hari Jumat (6/5/2022) sudah terlihat mulai adanya penurunan kunjungan wisatawan seiring dengan arus balik Lebaran," ujarnya.

Membludaknya wisatawan, kata Aldian, juga berdampak pada kepadatan arus lalu-lintas yang menuju ke objek wisata namun berkat kesigapan dari petugas kemacetan dapat segera terurai.

"Ya pasti ada kepadatan lalu lintas bahkan macet namun kejadian segera bisa terurai," ungkapnya.

3. Hotel dan restoran juga kecipratan rejeki‎

174 Ribu Wisatawan Serbu Gunungkidul Saat Libur LebaranPantai Buluk Gunungkidul yang menyajikan pemandangan alam yang indah dan masih perawan. (IDN Times/Daruwaskita)

Libur Lebaran tahun 2022 ini, lanjut Aldian, juga menjadi berkah bagi para pelaku usaha di bidang pariwisata mulai dari hotel, restoran, pedagang asongan yang memperoleh rezeki dari wisatawan yang datang ke Gunungkidul.

"Hotel yang berada di kawasan Pantai Baron hingga Pantai Kukup bahkan full booking," tuturnya.

4. Gua Pindul dikunjungi seribu wisatawan per hari‎

174 Ribu Wisatawan Serbu Gunungkidul Saat Libur LebaranWisata Gua Pindul (Instagram/goapindul.id)

Sementara itu, Direktur Badan Usaha Milik Kalurahan (BUMKal) Maju Mandiri, Kalurahan Bejiharjo, Saryanto, mengatakan sejak awal libur Lebaran wisatawan tak hentinya datang ke objek wisata Gua Pindul untuk menikmati susur gua. Setelah Idul Fitri, jumlah pengunjung terus meningkat.

"Setiap hari rata-rata seribu wisatawan berkunjung ke Goa Pindul," katanya, Jumat (6/5/2022).

Meski cukup banyak, lanjut dia, kunjungan wisatawan belum pulih sepenuhnya karena jumlah kunjungan wisatawan lebih banyak saat libur Lebaran sebelum pandemik COVID-19.

"Ya namun kita syukuri karena geliat wisata Goa Pindul sudah menunjukkan tanda-tanda pemulihan," katanya.‎

Baca Juga: Libur Lebaran, Dispar Gunungkidul Targetkan 153 Ribu Wisatawan

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya