13 Wisatawan di Pantai Baru Bantul Tersengat Ubur-Ubur Beracun

Wisatawan tersengat ubur-ubur beracun saat bermain ombak

Bantul, IDN Times - Belasan wisatawan yang sedang bermain ombak di Pantai Baru, Kabupaten Bantul, tiba-mengalami sengatan dari ubur-ubur beracun. Korban yang kebanyakan adalah anak-anak itu mengerang kesakitan setelah tersengat binatang dengan tentakel tersebut.

1. Ada 13 wisatawan yang tersengat ubur-ubur

13 Wisatawan di Pantai Baru Bantul Tersengat Ubur-Ubur BeracunUbur-ubur beracun muncul di sepanjang pantai selatan Bantul. (Dok. SAR Satlinmas Wilayah IV Bantul)

Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah IV, Bantul, Nugroho, mengatakan munculnya ubur-ubur beracun sudah berlangsung sejak hari Jumat (1/9/2023) dan hari Minggu (3/9/2023) jumlah semakin banyak yang terbawa ombak ke tepian pantai.

"Hari ini ada 13 wisatawan yang tersengat ubur-ubur beracun. Kebanyakan adalah anak-anak," ucapnya, Minggu (3/9/2023).

2. Wisatawan tersengat saat asyik bermain ombak

13 Wisatawan di Pantai Baru Bantul Tersengat Ubur-Ubur BeracunIlustrasi wisatawan tersengat ubur-ubur beracun. (Dok. Istimewa)

Nugroho menjelaskan, anak-anak yang sedang bermain ombak di tepi pantai tidak menyadari bahwa binatang berbentuk gelembung berwarna putih kebiru-biruan, yang sangat menarik untuk dijadikan mainan, sebenarnya adalah ubur-ubur beracun.

"Jadi ada anak-anak yang baru main ombak kemudian tersengat di bagian kaki, tangan, perut bahkan ada yang bagian mulut," ujarnya.

"Yang jelas anak-anak yang tersengat ubur-ubur beracun menangis keras kesakitan," tambahnya.

Baca Juga: 5 Fakta Ubur-ubur Physalia, Kerap Sengat Pengunjung Pantai Jogja

3. Antisipasi antisipasi wisatawan tersengat ubur-ubur beracun‎

13 Wisatawan di Pantai Baru Bantul Tersengat Ubur-Ubur BeracunPantai Baru Bantul (Dok. Pribadi/Dita Restuti)

Pihaknya, kata Nugroho, sudah mengantisipasi sengatan ubur-ubur dengan obat-obatan cuka dan obat salep oles yang dikhususkan untuk mengobati sengatan ubur-ubur beracun.

"Sudah kami siapkan semua, seluruh korban tidak ada yang perlu dilarikan untuk mendapatkan perawatan di rumah sakit. Semua bisa ditangani oleh petugas SAR," ungkapnya.

Baca Juga: Tim SAR Gunungkidul Ingatkan Ubur Beracun, 10 Wisatawan Tersengat   

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya