11 Ribu Wisatawan Rayakan Malam Tahun Baru di Pantai Parangtritis

Wisatawan dirikan tenda saat tahun baru di Parangtritis

Bantul, IDN Times - ‎Belasan ribu wisatawan merayakan malam pergantian tahun di kawasan Pantai Parangtritis. Para wisatawan ini bahkan mendirikan tenda untuk beristirahat dan baru pulang keesokan harinya.

1. Puncak kunjungan wisatawan di Pantai Parangtritis terjadi besok Minggu

11 Ribu Wisatawan Rayakan Malam Tahun Baru di Pantai ParangtritisKepala Seksi Promosi dan Pelayanan Informasi Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Adi. (dok. istimewa)

Kepala Seksi (Kasi) Promosi dan Informasi, Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Markus Purnomo mengatakan data dari Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Induk Pantai Parangtritis, jumlah wisatawan pada hari Jumat (31/12/2021) mulai pukul 16.00 WIB hingga Sabtu (1/1/2022) pukul 01.00 WIB dini hari mencapai 11.298 orang.

"Kita memperkirakan kunjungan wisatawan setelah pukul 01.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB mencapai sekitar belasan ribu. Puncak kunjungan wisatawan akan terjadi pada hari Minggu (2/1/2022) yang diperkirakan bisa menyentuh 20 ribuan wisatawan," katanya, Sabtu (1/1/2022).

Baca Juga: Aktivitas Merapi Tetap Tinggi, Guguran Lava Masih Terjadi 

Baca Juga: Wisatawan Serbu Gerai Vaksin di Pantai Parangtritis 

2. Wisatawan habiskan pergantian tahun baru dengan mendirikan tenda di pantai‎

11 Ribu Wisatawan Rayakan Malam Tahun Baru di Pantai Parangtritisbob.kemenpar.go.id

Markus memaparkan kegiatan wisatawan di pantai dengan mendirikan tenda sudah berlangsung lama, namun tahun baru 2020 pantai ditutup untuk wisatawan. 

Ipung sapaan akrab Markus Purnomo Adi, menambahkan kunjungan wisatawan saat tahun baru didominasi oleh anak muda yang kebanyakan datang saat sore hari.

3. Sejumlah lokasi lampu penerangan akan dimatikan hingga tanggal 2 Januari 2022‎

11 Ribu Wisatawan Rayakan Malam Tahun Baru di Pantai ParangtritisKepala Dinas Perhubungan Bantul. Aris Suharyanta. IDN Times/Daruwaskita

Antisipasi tingginya kerumunan, sejak malam tahun baru hingga Minggu (2/1/2021) sejumlah tempat yang digunakan untuk berkumpul masyarakat lampu penerangan untuk sementara dimatikan saat malam hari.

"Ada sejumlah lokasi tempat yang lampu penerangannya saat malam hari mulai tanggal 31/12/2021 hingga 2 Januari 2022 kita matikan sementara," ujar Kepala Dinas Perhubungan Bantul, Aris Suharyanta.

Tiga lokasi yang lampu penerangan dimantikan di antaranya kawasan Lapangan Paseban, Taman Milenial, depan Pasar Bantul, Taman Simpang Empat Klodran dan Pasar Seni Gabusan.

"Lokasi-lokasi itu kita prediksi akan tetap ramai hingga tanggal 2 Januari 2022, sehingga lampu penerangan untuk sementara dimatikan," ungkapnya.‎

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya