TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

KA Tertemper Truk di Sedayu, Perjalanan Sejumlah KA Terganggu

Sopir truk diamankan 

KA Taksaka jurusan Gambir-Yogyakarta tertemper truk molen di palang pintu Gubug Argosari, Sedayu, Bantul, pada Rabu (25/9/2024). (Dok. Polres Bantul)

Intinya Sih...

  • KA 70 Taksaka tertemper truk di Perlintasan Sebidang, JPL 714, KM 531+000 jalur hulu antara Stasiun Sentolo-Rewulu
  • Sopir truk tidak mengindahkan sirene kereta api, menyebabkan terganggunya perjalanan kereta api dan kerusakan sarana serta prasarana
  • Kecelakaan ini mengakibatkan keterlambatan perjalanan kereta api dan para penumpang diberikan Service Recovery (SR)

Yogyakarta, IDN TimesPT KAI Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta menyebut KA 70 Taksaka relasi Stasiun Gambir–Yogyakarta tertemper truk di Perlintasan Sebidang, JPL 714, KM 531+000 jalur hulu antara Stasiun Sentolo-Rewulu, Rabu (25/9/2024), pukul 03.52 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun, perjalanan sejumlah kereta api terganggu.
 
“Kejadian bermula ketika sopir truk tidak mengindahkan sirene atau isyarat bahwa kereta api akan lewat. Sehingga ia terjebak dan membuat temperan terjadi,” ucap Manager Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro, Rabu.

1. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian

Krisbiyantoro mengatakan PT KAI Daop 6 menyesalkan atas kejadian tersebut. Kecelakaan ini mengakibatkan terganggunya perjalanan kereta api, kerusakan pada sarana dan prasarana kereta api serta awak sarana perkeretaapian mengalami cedera. “Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini,” ucap Krisbiyantoro.
 
Krisbiyantoro menyebut dalam penanganan kecelakaan ini, Daop 6 melakukan tindakan cepat. Pihaknya memastikan kondisi penumpang terlebih dahulu dan melakukan evakuasi rangkaian ke stasiun terdekat, agar dampak keterlambatan kereta Taksaka dan kereta lainnya dapat diperkecil dengan memastikan keselamatan terlebih dahulu.
 
“Untuk mengevakuasi rangkaian ke stasiun terdekat agar tidak mengganggu perjalanan KA lainnya dengan didatangkan lokomotif penolong dari depo Yogyakarta dan dari Stasiun Rewulu. Kondisi lokomotif  dan 1 kereta eksekutif mengalami kerusakan. Selain itu prasarana perkeretaapian gardu PJL juga mengalami kerusakan,” kata Krisbiyantoro.

2. Sejumlah perjalanan kereta terganggu

Krisbiyantoro mengungkapkan akibat kejadian tersebut sejumlah perjalanan kereta juga terganggu. “Dengan adanya keterlambatan perjalanan kereta, para penumpang KA diberikan Service Recovery (SR),” kata Krisbiyantoro.
 
Adapun jadwal KA yang terganggu, KA 90 Mataram 15 menit, KA 104 Singasari 24 menit, PLB 136a (Bogowonto) 27 menit. Kemudian KA 581 (KA Bandara YIA) 24 menit, PLB 564a (KA Bandara ke Yogyakarta 41 menit. Plb 701a (KA Bandara ke YIA) 16 menit. “KA 70 Taksaka setelah evakuasi melanjutkan perjalanan ke stasiun akhir Yogyakarta, mengalami keterlambatan 192 menit,” ucap Krisbiyantoro.

Baca Juga: KA Taksaka Tertemper Truk Molen di Perlintasan Sedayu Bantul

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya