Kustini Umumkan Tagline Pilkada Sleman: Menang, Ganti Wakil Bupati

Sukamto yakin Cak Imin dukung Kusuka

Intinya Sih...

  • Paslon Kustini-Sukamto mengumumkan tagline 'Kusuka' untuk Pilkada Sleman 2024.
  • Kustini bertekad melanjutkan program kerja positif, sementara Sukamto yakin Cak Imin akan mendukung mereka.
  • Paslon Kustini-Sukamto memiliki visi misi dan 25 program prioritas untuk Kabupaten Sleman.

Sleman, IDN Times - Paslon Kustini Sri Purnomo - Sukamto mengumumkan tagline untuk Pilkada Sleman 2024. Pasangan nomor urut satu yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemiliahn Umum (KPU) Kabupaten Sleman ini, mengumumkan akronim namanya dan Sukamto yakni 'Kusuka'. 

1. Kusuka menang, ganti wakil bupati

Kustini Umumkan Tagline Pilkada Sleman: Menang, Ganti Wakil BupatiPasangan Kustini - Sukamto mengumumkan akronim 'Kusuka' yang memiliki tagline menang dan ganti wakil bupati. (IDNTimes/Tunggul Damarjati)

Pasangan Kustini - Sukamto mengumumkan akronim 'Kusuka' yang memiliki tagline menang dan ganti wakil bupati.

"Tagline kami yaitu, Kusuka, Kustini-Sukamto menang, menang, menang, lanjutkan, ganti wakil bupati," kata Kustini saat ditemui di Posko Pemenangan Kusuka, Denggung, Sleman, Senin (23/9/2024).

Seperti diketahui, Kustini saat ini masih menjabat sebagai petahana bupati bersama Danang Maharsa selaku wakilnya. Keduanya terpilih saat Pilkada 2020.

Pada Pilkada Sleman 2024 ini, Kustini dan Danang pecah kongsi. Danang yang merupakan politisi PDIP, maju sebagai calon wakil bupati pasangan Harda Kiswaya, sebagai calon Bupati Sleman nomor urut 2.

2. Sukamto yakin didukung Cak Imin meski tak direkom PKB

Kustini Umumkan Tagline Pilkada Sleman: Menang, Ganti Wakil BupatiKetua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin memberikan arahan ke caleg terpilih PKB. (dok. PKB)

Kustini melanjutkan, dirinya bertekad melanjutkan program kerjanya yang dirasa positif dengan memperhatikan masukan masyarakat. Mulai pengentasan kemiskinan dan stunting, peningkatan mutu pendidikan, pembangunan infrastruktur dan lain sebagainya.

"Kesejahteraan nomor satu untuk rakyat, baik kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan infrastruktur," tegas Kustini.

Sementara itu Sukamto yakin, ia bersama Kustini mampu membawa Kabupaten Sleman menjadi lebih sejahtera nan makmur. Dirinya percaya masyarakat akan membersamai komitmen Kusuka, sekalipun Sukamto selaku kader PKB tak mendapat rekomendasi dari partainya untuk maju di Pilkada Sleman 2024 ini.

"Saya sendiri orang PKB, tapi PKB tak memberikan rekomendasi ke saya, inilah hebatnya politik seperti itu," katanya.

Sukamto pun yakin Ketua Umum PKB, Muhaimmin Iskandar alias Cak Imin, akan ikut mengampanyekan Kustini dan dirinya.

Rekam jejaknya sebagai ketua DPC PKB Sleman dua periode, Ketua DPW PKB DIY, hingga mewakili fraksi PKB di Senayan diyakininya jadi pertimbangan utama. Bukan cuma ikut membesarkan PKB di DIY, tapi kini ketiga anaknya bahkan mengikuti jejaknya di parpol besutan Abdurahman Wahid alias Gus Dur itu.

"Bicara soal PKB, yakinkan bahwa nanti saat kampanye nanti ketua umum PKB akan turun, akan kampanye kita," ucap Sukamto yang telah mengundurkan diri dari kursi anggota DPR RI 2019-2024 itu.

Baca Juga: Profil Kustini Sri Purnomo, Cabup Sleman Lulusan UIN Sunan Kalijaga

Baca Juga: Kapanewon Depok Jadi Wilayah Pemilih Pilkada Terbanyak di Sleman

3. Visi misi dan 25 program prioritas Kusuka

Kustini Umumkan Tagline Pilkada Sleman: Menang, Ganti Wakil BupatiPasangan Kustini - Sukamto mengumumkan akronim 'Kusuka' yang memiliki tagline menang dan ganti wakil bupati. (IDNTimes/Tunggul Damarjati)

Pasangan Kusuka memiliki visi misi meliputi inovasi birokrasi, pemberdayaan SDM, pengentasan kemiskinan, berbudaya dan harmoni, serta pembangunan berkelanjutan.

Mereka memiliki 25 program prioritas untuk Kabupaten Sleman, antara lain Posyandu siklus hidup terintegrasi, jaminan kesehatan gratis, sport center kalurahan, beasiswa, modernisasi fasilitas pendidikan, pesantren juara, tunjangan RT-RW.

Lalu, tunjangan anak yatim, kolaborasi ekonomi Sleman, kawasan ekonomi baru, CCTV kampung, bantuan alat pertanian modern, inovasi pertanian, apresiasi pahlawan masyarakat, pinjaman modal UMKM, lansia Sleman produktif, apresiasi pemuka agama, Wifi gratis komunitas, insentif padukuhan, perempuan maju, aman dan berkarya, Sleman bebas sampah, serta air bersih untuk semua.

Kemudian ada beberapa program khas lain seperti Kusuka Sehat Jiwa, Gen Z Job Center, Apik Dalan e Padang Jagat e.

Paslon Kustini-Sukamto pada Pilkada Sleman 2024 ini diusung oleh enam partai politik dengan Koalisi Rakyat Sleman (KRS). Terdiri satu partai parlemen PAN dan lima partai non-parlemen, Partai Perindo, Partai Kebangkitan Nusantara, Partai Garuda, Partai Hanura, dan Partai Bulan Bintang (PBB).

Sementara penantang mereka adalah Harda Kiswaya-Danang Maharsa yang diusung partai koalisi gemuk. Mereka adalah PDI Perjuangan, Gerindra, Golkar, NasDem, PPP, PKS serta PKB yang tergabung dalam Koalisi Sleman Baru (KSB). Ditambah lima partai non parlemen yakni Partai Buruh, PSI, Partai Ummat, Partai Gelora, dan Demokrat.

Baca Juga: Harda-Danang Nomor Urut 2 di Pilkada Sleman: Simbol Kemenangan

Baca Juga: Foto Penetapan Nomor Urut Cabup-Cawabup Bantul, Meriah!

Tunggul Kumoro Damarjati Photo Community Writer Tunggul Kumoro Damarjati

...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya