TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

BMKG Minta Warga Jogja Waspadai Potensi Angin Kencang Selama 3 Hari

BMKG ingatkan untuk menebang pohon yang berpotensi tumbang

ilustrasi angin topan (unsplash.com/@alexeydemidov)

Yogyakarta, IDN Times - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta meminta warga Jogja mewaspadai potensi terjadinya angin kencang selama tiga hari ke depan. Hal ini merupakan imbas dari bibit Siklon Tropis 99W yang terjadi Laut China Selatan.

"Waspada potensi angin kencang. Diharapkan untuk memangkas pohon yang berpotensi tumbang atau rapuh," kata Kepala Stasiun Meteorologi BMKG Yogyakarta Warjono, Senin (16/10/2023). 

1. BMKG beberkan pemicu terjadinya angin kencang di Jogja

ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

Warjono membeberkan Siklon Tropis 99W terpantau berada di Laut China Selatan sebelah Timur Vietnam, Samudera Hindia, tepatnya di sekitar 14.5 derajat lintang utara (LU) dan 110.7 derajat bujur timur (BT) dengan kecepatan angin maksimum 15 knots dan tekanan udara minimum 1006 hPa.

Saat ini posisi matahari yang berada di selatan khatulistiwa karena gerak semu tahunan matahari, menyebabkan tingginya radiasi matahari yang mencapai permukaan bumi. Akibatnya terjadi kondisi tekanan udara yang lebih rendah dibandingkan area sekitarnya menyebabkan angin yang berhembus makin kencang.

"Bibit Siklon Tropis 99W dan tingginya radiasi matahari ini menyebabkan adanya potensi angin kencang dengan kecepatan di atas 10 knot dan kecepatan angin maksimum sesaat (Gusty) yang masih berpotensi terjadi di wilayah DIY dalam beberapa waktu ke depan terutama pada siang hingga sore hari," papar Warjono dikutip Antara, Senin (16/10/2023). 

Baca Juga: 6 Tempat Makan di Jogja, Ambil Makanan langsung dari Dapur

2. BMKG pantau kecepatan angin

ilustrasi angin (unsplash.com/@mr_kuchen)

Warjono mengatakan pantauan hasil pengamatan automatic weather station (AWS) BMKG di beberapa wilayah DIY seperti Kecamatan Pakem dan Mlati, Kabupaten Sleman, Kota Yogyakarta, dan Kabupaten Kulon Progo pada Minggu (15/10/2023), kecepatan angin yang tercatat pada pukul 11.00 hingga 15.00 WIB berkisar 10-17 knot atau 18-30 km per jam.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Angkat Bicara tentang Putusan Mahkamah Konstitusi

Berita Terkini Lainnya