TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Petani Bantul mulai Serius Tanam Jagung 

Satu kilogram jagung pipilan laku Rp4.500 ‎

IDN Times/Kominfo Bantul

Bantul, IDN Times - Komoditas pertanian yang ditanam saat musim kemarau ternyata mampu memberikan hasil yang menjanjikan. Padahal selama ini  jagung masih dipandang sebelah mata bagi sebagian petani di Yogyakarta. 

Bagi petani di Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul khususnya kelompok Tani Maju saat musim kemarau, komoditas jagung dengan varietas unggul sangat menjanjikan bahkan melebihi padi.

Baca Juga: Ribuan Warga Bantul Alami Gangguan Jiwa

1. Satu hektar lahan jagung mampu hasilkan 1 ton jagung pipilan‎

source_name

Ketua kelompok Tani Maju, Sejo mengatakan benih unggul jagung yang ditanam oleh petani bantuan dari Dinas Pertanian, dalam satu hektar bisa menghasilkan 1 ton jagung pipilan dengan harga per kilogramnya mencapai Rp4.500.

"Hitungannya dengan harga jual Rp3.500 per kilogram petani sudah mendapatkan untung,  apalagi saat ini laku Rp4.500 per kilogramnya," katanya di sela-sela acara panen raya jagung di Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, Kamis (10/10).

2. Keuntungan lebih menjanjikan dibandingkan komoditas pertanian lainnya

IDN Times/Kominfo Bantul

Dengan hasil yang menjanjikan, petani tetap menanam komoditas jagung dibandingkan menanam komoditas lainnya.

"Ya lebih menjanjikan termasuk keuntungan lebih besar juga dibandingkan dengan menanam padi. Yang jelas biaya perawatannya juga minim," tuturnya.

Baca Juga: Tidak Hanya Dimakan, Ini 6 Manfaat Jagung untuk Kecantikan

Berita Terkini Lainnya