Sandi Pede Target 11 Juta Suara saat PPP Diprediksi Gagal ke Parlemen

Modal raihan suara di Pilpres 2019 jadi modal

Yogyakarta, IDN Times - Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PPP, Sandiaga Uno menyebut partainya menargetkan perolehan 11 juta suara pada Pemilu 2024 nanti. Pihaknya optimistis capaian PPP lebih baik ketimbang hasil survei Litbang Kompas terbaru yang mencatatkan partai berlambang ka'bah tersebut gagal lolos ke parlemen.

"Saya menyampaikan ini ke PPP, target kita 11 juta," kata Sandi di Kantor Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PPP Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kota Yogyakarta, Selasa (29/8/2023).

1. Rekam jejak di 2019 jadi modal

Sandi Pede Target 11 Juta Suara saat PPP Diprediksi Gagal ke ParlemenKetua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PPP, Sandiaga Uno. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Optimisme Sandi akan torehan PPP di Pemilu 2024 besok tak terlepas dari catatan perolehan suaranya saat dia maju di Pilpres 2019 silam. Sandiaga, seperti diketahui, waktu itu maju sebagai cawapres mendampingi Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

"Pas 2019, saya alhamdulillah pada karier politik saya yang masih muda waktu itu bisa membawa kontribusi yang signifikan, nah ini kalau kita konversi kepada PPP ini PPP bisa mencapai target 11 juta suara," ungkap Sandi.

2. Harum namanya di mata PDIP

Sandi Pede Target 11 Juta Suara saat PPP Diprediksi Gagal ke ParlemenKetua Bappilu PPP Sandiaga Uno. (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif itu percaya dan yakin target itu bisa tercapai apabila seluruh kader dari tingkat bawah hingga elite bekerja secara maksimal.

"Dan ini juga bisa memberikan kontribusi kepada kerja sama politik kita dengan PDIP," tutur Sandi.

Adapun saat Pemilu 2019 lalu, PPP mengantongi 6,3 juta suara atau 4,52 persen perolehan suara sah. Capaian ini PPP cuma memperoleh 19 kursi di DPR. 

Baca Juga: Potensi Duet dengan Ganjar, Sandi: Tunggu Orangtua Sepakat

3. Diprediksi jeblok bareng PAN

Sandi Pede Target 11 Juta Suara saat PPP Diprediksi Gagal ke Parlemenilustrasi survei (IDN Times/Aditya Pratama)

Hasil survei elektabilitas oleh Litbang Kompas periode Agustus 2023 menempatkan PPP sebagai salah satu parpol gagal ke parlemen di Pemilu 2024.

Pada survei kali ini, PPP memperoleh 1,6 persen, yang mana elektabilitas PPP ini anjlok nyaris setengahnya apabila dibanding Mei lalu yang tercatat meraih 2,9 persen.

Parpol parlemen lain yang diprediksi tak lolos melenggang ke Senayan adalah PAN yang memperoleh elektabilitas sebesar 3,4 persen, naik 0,2 persen dari survei pada Mei lalu.

Hasil survei menunjukkan elektabilitas kedua partai politik itu berada di bawah ambang batas parlemen (parliamentary threshold) sebesar empat persen.

Survei dilakukan melalui wawancara tatap muka pada 27 Juli-7 Agustus 2023, melibatkan 1.364 responden yang dipilih secara acak memakai metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi. Margin of error survei lebih kurang 2,65 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca Juga: Sandiaga Uno: PPP Tawarkan Konsep Ekonomi Hijau

Tunggul Kumoro Damarjati Photo Community Writer Tunggul Kumoro Damarjati

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya