Respons Ganjar Ditantang Debat Capres BEM UI: Sabar

Ganjar minta publik sabar, ada waktunya

Sleman, IDN Times - Bakal calon presiden (bacapres) PDIP, Ganjar Pranowo, menyatakan sekarang ini belum waktunya untuk memenuhi undangan atau tantangan debat capres dari Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI).

"Debat opo? Sabar, wong belum apa-apa kok debat, sabar," kata Ganjar di Universitas Gadjah Mada (UGM), Sleman, Selasa (22/8/2023).

1. BEM UI tantang debat trio bacapres

Respons Ganjar Ditantang Debat Capres BEM UI: SabarKetua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) Melki Sedek Huang (dok istimewa)

Sebelumnya, di dalam keterangan tertulis pada hari ini, Melki mengatakan BEM UI menantang tiga bakal capres untuk adu debat di kampus kuning. Melki menggaris bawahi pihaknya siap menggali isi pikiran ketiga bacapres.

"Jika memang punya nyali, BEM UI mengundang semua calon presiden/bakal calon presiden untuk hadir ke UI karena kami siap untuk menguliti semua isi pikiran kalian. Datang ke UI jika berani!" ujar Melki. 

Ia menambahkan dengan dibolehkannya institusi pendidikan dijadikan tempat berkampanye maka harus dimanfaatkan untuk menguji isi otak tiap calon pemimpin. "Bukannya malah dijadikan ladang cari muka para pemimpin kampus dan ladang main mata kaum intelektual serta politisi saja," tutur dia. 

Menurutnya, kampanye-kampanye politik dan beragam ucapan para politisi sudah semakin membosankan. Kaum muda, kata dia, sudah tidak tertarik dengan kalimat normatif, politik identitas dan pencitraan politik. Anak muda UI, ujarnya lagi, ingin mengadu argumen dengan para bakal capres. 

"Kami siap menyampaikan aspirasi kami dan mendebat seluruh argumen kalian jika perlu. Kami tak mau masa depan bangsa ini digantungkan pada calon pemimpin yang hanya fokus pada kampanye, pencitraan, dan lip service yang tidak bermutu. Kami butuh pemimpin yang cerdas dan berpihak untuk rakyat banyak," katanya lagi.

2. Anies sanggupi tantangan

Respons Ganjar Ditantang Debat Capres BEM UI: SabarBakal calon presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan. (IDN Times/Amir Faisol)

Bakal capres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Anies Baswedan sementara telah menyanggupi tantangan debat yang dilayangkan oleh BEM UI. 

"Yuk, kapan?" demikian cuit Anies di akun media sosialnya dan dikutip pada Senin (21/8/2023). 

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menjadi bakal capres pertama yang merespons tantangan tersebut. 

Juru bicara Anies, Surya Tjandra mengatakan mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu memang dijadwalkan akan hadir dalam acara kebangsaan yang dihelat oleh FISIP UI pada 29 Agustus 2023. 

"Iya, kebetulan tanggal 29 Agustus 2023 FISIP UI bikin kuliah kebangsaan dengan mengundang tiga bacapres. Rencananya Anies Baswedan akan hadir," ujar Surya ketika dikonfirmasi pada hari ini. 

Baca Juga: Elektabilitas Anies Jeblok di Jateng dan Jatim, Elite PKS Turun Gunung

3. Prabowo datang bila diundang

Respons Ganjar Ditantang Debat Capres BEM UI: SabarMenteri Pertahanan, Prabowo Subianto. (IDN Times/Larasati Rey)

Belakangan, tantangan BEM UI itu juga respons dari juru bicara Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak, yang juga menyebut Ketua Umum Partai Gerindra tersebut senang bisa berdialog dengan siapa pun, apalagi di universitas. 

Wakil Koordinator Rumah Besar Relawan Prabowo 08, Haris Rusly Moti juga memastikan Prabowo akan menerima secara terbuka tantangan kampanye di ruang akademik seperti perguruan tinggi apabila diundang.

Rusli menegaskan, Prabowo akan hadir dalam tantangan tersebut jika memang kehadirannya diundang sebagai capres. Kampus dianggap sebagai tempat ideal untuk menguji gagasan seluruh kandidat calon pemimpin.

"Kalau memang diundang, insyaallah, saya yakin dia akan datang," kata dia saat ditemui Rumah Besar Relawan Prabowo 08, Slipi, Jakarta Barat, Senin (21/8/2023).

Baca Juga: Menhan Prabowo Main Air bareng Anak-anak di Gunungkidul

Tunggul Kumoro Damarjati Photo Community Writer Tunggul Kumoro Damarjati

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya