Elektabilitas Anies Jeblok di Jateng dan Jatim, Elite PKS Turun Gunung

Target elektabilitas PKS mencapai 15 persen

Yogyakarta, IDN Times - Presiden PKS Ahmad Syaikhu menyebut belum ada strategi atau perlakuan khusus untuk meningkatkan elektabilitas Capres Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Anies Baswedan yang jeblok di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Ya kita berikan perhatian pada dua provinsi ini, tapi bukan secara khusus ya. Kita juga berharap di provinsi lain menjadi lumbung suara bagi Pak Anies," kata Syaukhi di Kantor DPW PKS DIY, Kota Yogyakarta, Jumat (18/8/2023).

1. Elite PKS turun gunung

Elektabilitas Anies Jeblok di Jateng dan Jatim, Elite PKS Turun GunungAnies Baswedan melakukan ziarah ke Makam Raja Mataram Islam di Dusun Sayangan, Jagalan, Banguntapan, Bantul, Minggu (13/8/2028) (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Syaukhi membeberkan agar tujuan tersebut tercapai pihaknya turun langsung ke Jambi, Padang, Palembang, Lampung, dan beberapa daerah lain di Sumatera.

"Dalam rangka mengonsolidasi semangat kader untuk pemenangan secara paralel. Satu sisi kemenangan partai, PKS, dan satu sisi lain pemenangan Pak Anies Rasyid Baswedan. Dan tentu salah satu lumbung suara yang diharapkan yang jadi penentu ya Jawa Tengah dan Jawa Timur," ungkapnya.

2. Elektabilitas PKS melesat versi Voxpol

Elektabilitas Anies Jeblok di Jateng dan Jatim, Elite PKS Turun GunungPartai Keadilan Sejahtera (pks.id)

Sementara itu Voxpol Center Research and Consulting telah merilis hasil survei mereka terkait elektabilitas parpol yang dilaksanakan pada 24 Juli - 2 Agustus terkait pemilu 2024.

Hasil survei itu menunjukkan elektabilitas PKS naik ke urutan ketiga, sebesar 8,5 persen. PKS berada di bawah Gerindra dan PDIP.

Pendukung PKS paling banyak terdaopat di Sumatera 10,4 persen, DKI Jakarta dan Banten sebanyak 14,4 persen. PKS meraup pendukung terbanyak di tiga wilayah itu dibanding daerah lainnya.

Baca Juga: Anies Mendapat Tombak Cakra saat Ziarah ke Makam Raja Mataram Islam

3. Target PKS mencapai 15 persen

Elektabilitas Anies Jeblok di Jateng dan Jatim, Elite PKS Turun GunungIlustrasi - Kader PKS bawa spanduk dukung Anies Baswedan Presiden 2024 di sekitar DPP PKS, Jakarta Selatan (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Bagi Syaukhi, hasil survei merupakan cerminan kerja parpol dan para kader yang terus mengenalkan PKS. Elite PKS, kata Syaukhi juga turun menginstruksikan agar para kader untuk tidak pasif dan terus bergerak melalui berbagai program.

"Ada Program PKS Menyapa, yang itu sudah mulai. Di sisi lain, kami menangkap ekspektasi masyarakat terhadap proses perpolitikan yang ada," paparnya.

Syaukhi menututkan, Majelis Syura partainya mengamanahkan untuk membawa partainya mencapai elektabilitas 15 persen, dan baginya hal itu tidaklah mudah.
"Amanahnya memang agak berat, yaitu diharapkan bisa mencapai minimal 15 persen. Sampai hari ini dua digit pun belum tembus," ujar Syaukhi.

Baca Juga: Wisatawan Keluhkan Sampah, Waktu Menginap di Jogja Turun

Tunggul Kumoro Damarjati Photo Community Writer Tunggul Kumoro Damarjati

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya