Titiek Soeharto Nyaleg lagi Lewat Gerindra, Masuk Dapil DIY

Jadi kekuatan Gerindra DIY untuk merengkuh kursi di Senayan

Yogyakarta, IDN Times - Titiek Soeharto diklaim bakal maju di Pemilu 2024 sebagai calon legislatif (caleg) DPR RI. Sosok bernama lengkap Siti Hediati Heriyadi tersebut diklaim akan maju setelah dulu pernah mundur dari keanggotaan DPR RI di pengujung masa jabatan 2014-2019.

1. Kendaraan politik baru

Titiek Soeharto Nyaleg lagi Lewat Gerindra, Masuk Dapil DIYTitiek Soeharto saat masih tergabung dengan Partai Berkarya. (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Titiek diklaim bakal maju memperebutkan kursi di Senayan dengan parpol barunya. Bukan Partai Berkarya, melainkan Gerindra.

"Insyaallah, Mbak Titiek Soeharto akan maju ke DPR RI," ungkap Ketua DPD Partai Gerindra Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Danang Wahyu Broto, di Kantor KPU DIY, Kota Yogyakarta, Sabtu (13/5/2023).

2. Dapil DIY lagi

Titiek Soeharto Nyaleg lagi Lewat Gerindra, Masuk Dapil DIYDPD Partai Gerinda DIY mendaftar bacaleg di KPU DIY. (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Danang menyebut Putri Presiden ke-2 Soeharto itu akan maju dari daerah pemilihan (dapil) DIY. Dia yakin merapatnya Titiek mampu memberikan efek positif, macam menambah kekuatan Gerindra DIY untuk merengkuh kursi di Senayan.

"Untuk mengincar kursi di DPR RI pemilu mendatang dari DIY tetap sama dengan periode sebelumnya, mengajukan tujuh bakal calon," ucap Danang yang ditemui di sela pendaftaran bakal caleg.

Dapil DIY sendiri bukan barang baru buat Titiek. Saat masih bersama Golkar, dapil ini pernah memenangkan mantan istri Prabowo Subianto itu saat ia mencalonkan diri sebagai caleg DPR RI periode 2014-2019 silam.

Hanya saja, pada 2018 Titiek memilih mundur sebagai anggota DPR RI dan hengkang dari Golkar menuju Partai Berkarya yang tak lain merupakan besutan Tommy Soeharto, adik kandungnya.

Baca Juga: Prabowo Meminta Pemilu Tidak Jadi Ajang Saling Menjelekkan 

3. Kontrol penuh DPP

Titiek Soeharto Nyaleg lagi Lewat Gerindra, Masuk Dapil DIYPartai Gerindra (gerindra.id)

Bendahara DPD Partai Gerindra DIY, Anton Prabu Semendawai, menyatakan kewenangan pencalonan dan pendaftaran Titiek sebagai bakal caleg DPR RI ada di DPP. Oleh karena itu pula, pihaknya belum bisa mengumbar banyak detail perihal pencalonan Titiek ini.

"Kami belum tahu nomor urutnya berapa, karena nanti yang mendaftarkan beliau pengurus Gerindra pusat," kata Anton Prabu.

Baca Juga: Gerindra Bantul Tak Rela Prabowo Jadi Cawapres Ganjar

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya