Golkar dan PAN Merapat ke Prabowo, Anies Ngaku Tak Khawatir

Zaman Pilgub DKI, Anies cuma didukung 2 partai

Bantul, IDN Times - Bakal calon presiden (capres) Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan mengaku tak khawatir menghadapi Pemilihan Presiden 2024 nanti setelah Golkar dan PAN mendukung Prabowo Subianto. Dengan menggemuknya kemitraan di Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR), Anies terlihat masih percaya diri.

1. Ungkit Pilgub DKI 2017

Golkar dan PAN Merapat ke Prabowo, Anies Ngaku Tak KhawatirAnies Baswedan-Sandiaga Uno (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Menyikapi keputusan Golkar dan PAN mendukung Prabowo Subianto, Anies mengungkit pengalamannya memenangkan Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2017 lalu. Anies mengatakan, kala maju di Pilgub 2017 didampingi Sandiaga Uno sebagai cawagubnya, Anies hanya diusung oleh dua partai saja. Yakni Gerindra dan PKS.

"Kami pernah punya pengalaman di Jakarta, hanya berdua," kata Anies di Museum Wayang Kekayon, Banguntapan, Bantul, Minggu (13/8/2023).

Seperti diketahui, Anies dan Sandi kemudian menang melawan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat pada putaran kedua.

"Hanya berdua, tapi apa yang terjadi? Rakyat memberikan pilihannya dengan mempertimbangkan banyak faktor," imbuh Anies.

2. KPP jalan terus

Golkar dan PAN Merapat ke Prabowo, Anies Ngaku Tak KhawatirBacapres Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan incar kemenangan di Tapal Kuda dan Madura pada pemilu 2024. (dok. IDN Times/istimewa)

Anies dalam kesempatan ini juga menyampaikan selamat kepada Golkar dan PAN atas langkah politiknya mendukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

"Kami sampaikan selamat kepada partai Golkar, PAN, yang sudah memutuskan untuk bergabung di koalisi. Tapi kami tetap bismillah jalan terus," tutupnya.

Baca Juga: Tingkah Jenaka Prabowo Pikat Hati Warga Gunungkidul

3. Alasan Golkar dan PAN dukung Prabowo

Golkar dan PAN Merapat ke Prabowo, Anies Ngaku Tak KhawatirKeempat ketua parpol menyatukan tangan simbol persatuan dalam mendukung Prabowo Subianto sebagai calon presiden Indonesia. (Dok. Golkar)

Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto, mendapat dukungan tambahan dari Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN) sebagai Calon Presiden (capres) 2024.

Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto, menyampaikan alasan Golkar mendukung Prabowo sebagai Capres 2024.

"Karena Bapak Prabowo Subianto lahir dari rahim Partai Golkar. Oleh karena itu, beliau selalu mengikuti kegiatan di Partai Golkar dan kekaryaannya tidak diragukan lagi, egaliter, searah, sejalan dan setujuan dengan Partai Golkar," kata Airlangga di Museum Naskah Proklamasi, Jakarta, Minggu (13/8/2023).

Sementara itu, Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan (Zulhas) juga menyampaikan alasan deklarasi partainya mendukung Prabowo Subianto sebagai Capres 2024.

"Melalui pertimbangan yang matang, DPP PAN telah memutuskan untuk memberikan calon presiden periode 2024-2029 kepada Letnan Jenderal (Purn) Prabowo Subianto. Semoga Allah SWT meridai apa yang telah kita sepakati apa yang kita putuskan," kata Zulhas.

Baca Juga: Datangi SMA Bosa Jogja, Ganjar Napak Tilas Zaman Sekolah

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya